Pages

Saturday 17 March 2018

Rumah Adat Suku Lembak Bengkulu



HERI APRIZAL, Kota Bengkulu

Rumah bubungan lima adalah rumah adat dari daerah Bengkulu. Diperkirakan sudah ada dibengkulu sejak tahun 1916-an. Rumah bubungan lima merupakan rumah adat masyarakat melayu lembak. Selain sebagai rumah tinggal, rumah adat bubungan lima memiliki fungsi khusus yaitu merupakan rumah yang khusus dipergunakan untuk keperluan ritual adat atau acara adat seperti penyambutan tamu, kelahiran, perkawinan, atau kematian.

Syair lagu berjudul Uma Tue (rumah tua) ciptaan Syafrudin itu menggambarkan bentuk Rumah Tua Bubungan Limas. Diawal syair dijelaskan, atap berbentuk limas. Terdiri dari sepuluh ruang, tiangnya dilapisi batu, dan dilengkapi tulisan doa-doa agar penghuninya aman saat menunggunya.

Rumah tradisional Bengkulu ini termasuk tipe rumah panggung berdinding papan. Rumah panggung dirancang untuk melindungi penghuninya dari banjir dan hewan buas. Disamping itu bagian bawah rumah panggung juga dapat dipergunakan untuk menyimpan gerobak, hasil panen, alat-alat pertanian, sulang kayu (kayu bakar), dan juga berfungsi sebagai kandang hewan ternak.

Rumah bubungan lima dibuat dari bahan kayu medang kemuning atau surian balam. Kayu ini memiliki kelebihan berkarakter halus namun tahan lama. Bentuk rumah bubungan lima berupa rumah panggung yang ditopang dengan beberapa tiang penyangga, umumnya terdiri dari 15 tiang dengan tinggi mencapai 1,8 meter. Uniknya, tiang rumah ini berlapik (beralas) batu. Diyakini tidak akan lapuk dan tahan terhadap goncangan gempa bumi. Memiliki atap dari ijuk enau atau sirap berbentuk limas, dengan tinggi bubungan mencapai 3,5 meter. memiliki lantai yang terbuat dari kayu. Untuk masuk kedalam rumah terdapat dua tangga di bagian depan dan belakang yang biasanya anak tangganya berjumlah ganjil sesuai dengan arahan adat yang berlaku di Bengkulu.

Salah satu tradisi yang dilakukan masyarakat saat hendak menunggu rumah, yakni upacara menaikkan bubungan. Bubungan rumah digantung dengan tebu hitam sebatang, pisang mas setandan, kondo (kundur), setawar sedingin. “Di tulang bubungan diberi kain putih yang sudah diraja (ditulis dengan doa-doa).

Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu Drs. H.S. Effendi, MS menjelaskan,

Atap / bubungannya limas atau orang lembak juga menyebutnya dengan bubungan lime, memiliki bubungannya agak lebih tinggi daripada bubungan rumah adat di jawa dan tidak terletak ditanah karena tinggi memakai tiang agar terhindar dari binatang buas dan sebagainya.

Uma Tue memiliki beberapa bagian berupa :

-  Berendo (ruang tamu)
-  Hall (ruang tamu khusus)
-  Bilik Beso (bilik orang tua)
-  Bilik Gadis (ruang tidur anak perempuan)
-  Bilik Bujang ( ruang tidur anak laki-laki)
-  Ruang Tengah
-  Ruang Makan
-  Garang
-  Dapur, dan
-  Berendo Belakang

Berendo
Tempat menerima tamu yang belum dikenal, atau tamu yang hanya menyampaikan suatu pesan (sebentar). Selain itu juga dipergunakan untuk bersantai pada pagi atau sore hari. Bagi anak-anak, berendo juga sering dipergunakan untuk bermain congkak, karet, dll

Hall
Ruang untuk menerima tamu yang sudah dikenal baik, keluarga dekat, atau orang yang disegani. Ruangan ini juga digunakan untuk tempat cengkrama keluarga pada malam hari, ruangan belajar bagi anak-anak, dan sewaktu-waktu ruang ini digunakan untuk selamatan atau mufakat sanak famili.

Bilik Beso
Bilik Beso atau bilik induk merupakan kamar tidur bagi kepala keluarga (suami istri) serta anak-anak yang masih kecil.

Bilik Gadis
Biasanya terdapat pada keluarga yang memiliki anak gadis, merupakan kamar bagi Si Anak Gadis. Selain untuk tidur juga digunakan untuk bersolek. Bilik gadis biasanya berdampingan dengan bilik beso, demi keamanan dan kemudahan pengawasan terhadap anak gadis mereka.

Bilik Bujang
Seperti halnya bilik gadis, bilik bujang diperuntukan bagi anak laki-laki dalam keluarga.

Ruang Tengah
Biasanya dikosongkan dari perabot rumah, dan di sudutnya disediakan beberapa helai tikar bergulung karena fungsi utamanya adalah untuk menerima tamu bagi ibu rumah tangga atau keluarga dekat bagi si gadis. Di samping itu juga sering dipakai sebagai tempat belajar mengaji. Bagi keluarga yang tidak memilki kamar bujang tersendiri, kadang-kadang dipakai untuk tempat tidur anak bujang.

Ruang Makan
Tempat makan keluarga. Pada rumah kecil biasanya tidak terdapat ruang makan, mereka makan di ruang tengah. Bila ada tamu bukan keluarga dekat, maka untuk mengajak tamu makan bersama digunakan hall, bukan di ruang makan.

Garang
Terbuat dari bambu yang bulat-bulat diatur sedemikian rupa, sebagai tempat penyimpanan tempayan air atau gerigik atau tempat air lainnya, juga dipakai untuk tempat mencuci piring dan mencuci kaki sebelum masuk rumah atau dapur.

Dapur
Ada amben untuk meletakkan sesuatu dan tempat duduk-duduk, dan ada tungku betanak terbuat dari tanah dicampur dengan pasir dan diatasnya terdapat papi untuk tempat mengasap/meletakkan makanan.

Berendo Belakang
Serambi belakang, tempat bersantai bagi kaum wanita pada siang atau sore hari, melepas lelah setelah mengerjakan tugas, tempat mengobrol.

Ada Seni / ornamen yang terpasang pada uma tue. Biasanya dibuat ukiran bermacam-macam seperti ada kumbang jati. Untuk dinding ada ukiran-ukiran misalnya keluk paku (relung paku), paku lenkene yang berputar-putar mengambarkan pohon kehidupan sehingga tidak terputus-putus karena tidak ada putusnya kehidupan manusia, baik sesama orang yang hidup maupun hubungan antara orang yang hidup dengan orang yang sudah mati, begitulah filosofisnya.

Orang dahulu penuh dengan lambang-lambang, yang mencerminkan bagaimana hubungan manusia dengan tuhan yaitu ditulis beragam macam ayat dan juga hubungan manusia dengan alam supaya kayu yang diperoleh juga jadi bersih dari kayu yang terlarang/keramat untuk diambil karena ada setan dan sebagainya.

Referensi :

1 comment:

  1. If you're looking to burn fat then you certainly have to get on this totally brand new personalized keto plan.

    To produce this service, licensed nutritionists, fitness trainers, and chefs have united to produce keto meal plans that are efficient, painless, economically-efficient, and enjoyable.

    Since their launch in January 2019, 100's of individuals have already remodeled their body and well-being with the benefits a professional keto plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto plan.

    ReplyDelete