Pages

Sunday 25 March 2018

Barong Landong Lembak Tanjung Agung


Barong Landong
Cipt. Drs. H.S. Effendi, MS

Bukan cerite wang bae
Memang nyate jak dulu
Ikak lah kesenian kite
Adik sanak jangan col tau

Badannye oi la beso nian
Palaknye seupek ke mate
Budaya Lembak Tanjung Agung
Barong Landong ikak namenye

Kenyat-kenyit nye bejoget
Serekainye seroman kematen
Ketang redap sibat-menyibat
Bertalu-talu

Pesta ngetam wang kite dulu
Tapannye di Balai Adat
Jangan sapai kite lupeke
Adat Lembak kite teruske

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Barong artinya orang-orangan, dan Landong artinya Tinggi besar. Barong Landong adalah kesenian tradisional berwujud sepasang boneka manusia besar mengenakan pakaian pengantin tradisional Bengkulu beserta aksesorisnya, terbuat dari kerangka anyaman bambu (bubu penangkap ikan) dan kepala dari jenis kayu pelampung (kayu pulai, basung, dan lain-lain). Tinggi barong landong antara 2 sampai 2,5 meter dengan rongga yang bisa memuat orang dewasa yang akan mengerakkan boneka sesuai irama musik pengiringnya. Diberi tangan dan kepala seperti manusia berparas lelaki dan perempuan, dan didandani seperti pengantin tradisional Bengkulu.

Barong Landong tersebut didandani memakai topi yang disebut singal dan pada zaman dulu mengenakan kain blongsong yang bersulam benang emas. Saat ini kain tersebut sudah sulit dicari dan digantikan dengan kain besurek khas Bengkulu. Barong Landong yang mempunyai berat masing-masing sekitar 15 kg tersebut dimainkan dengan digerak-gerakkan oleh orang yang masuk didalamnya dengan diiringi musik kulintang dan dol serta penari dengan jumlah keseluruhan pemain sekitar 10 orang. Kesenian rakyat yang bersifat hiburan musiman ini dimainkan di lapangan terbuka,  dengan durasi sekitar 90 menit.

Ketua Badan Musyawarah Adat Sulian Effendi mengatakan, kesenian ini berasal dari Kelurahan Tanjung Agung Pasar Genting Suku Lembak. "Ini warisan leluhur yang bisa dimainkan saat masyarkat lembak bersuka ria seperti panen padi, menyambut tamu agung dan kegiatan besar lain," ujar Effendi. Bentuk tarian yang dibuka dan ditutup dengan gendang serunai yang melodis seirama dengan gerakan tari diikuti pukulan alat musik kletang, redap, dan gong dengan irama nyanyian burung lanting. "Nyanyian sepasang burung lanting yang datang sebelum musim hujan tetap menjadi pedoman sebelum masuk masa menanam benih," kata Effendi.

Pelaku kesenian Barong Landong terdiri dari pemain yang secara begantian akan memainkan atau menggerakkan boneka, penabuh gendang, kelintang, dan penyanyi atau sinden. Gerakan Barong Landong yang lucu berkeliling diantara penonton, biasanya menggambarkan suasana hati sepasang pengantin yang sedang berkasih-kasihan. Sesekali diselingi pula dengan menampilan fragmen pengantin yang sedang merajuk atau kesal terhadap pasangannya.

Barong Landong yang juga disebut wang beso (orang besar) telah berkembang sejak zaman Belanda. Pada waktu Jepang semua bentuk kesenian dilarang. Setelah merdeka kembali dimainkan, namun sekarang hampir tidak pernah lagi dimainkan. Pendukung kesenian ini adalah Suku Lembak yang bermukim disekitar Kota Bengkulu.

Sumber :


1 comment:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -

    Plus, earning money online using it is as simple as 1-2-3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Choose which affiliate products you want to promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and upsell your affiliate products all for you!

    So, do you want to start making money??

    Click here to launch the system

    ReplyDelete