Pages

Monday 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Bengkulu Selatan


Daftar tempat wisata di Kabupaten Bengkulu Selatan :

>Pantai Pasar Bawah / Duayu Sekundang
Objek wisata ini terletak di bagian pesisir Kota Manna, berjarak sekitar 3 km dari pusat kota, sekitar 10 menit menggunakan kendaraan umum.  Selain pemandangan yang indah tempat ini bisa juga sebagai objek kuliner, memancing, kolam renang, lapangan tenis, lapangan volly. Pantai. Pasar Bawah merupakan pantai yang sejuk, karena dipinggir-pinggir pantai terdapat pohon-pohon cemara yang biasa hidup di pegunungan.

>Pantai Muara Kedurang
Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki kekayaan wisata bahari yang sungguh memikat para pelancong. Salah satunya yaitu Pantai Muara Kedurang. Pantai ini berada tepat di jalur Simpang Tiga antara Kota Manna, jalur lintas Barat  Sumatra (ke arah Padang Guci) dan wilayah Kedurang. Karena pantainya yang begitu eksostis dan alami banyak pelancong yang memanfaatkan pantai ini sebagi tempat rekreasi keluarga.

>Pantai Bengkenang
Pantai Bengkenang terletak di yang terletak di jl. Lintas antara Kab.Manna dengan Kab.Kaur yang Jaraknya dari kota manna sekira 7 Km, Pinggir pantai terdiri dari Pasir dan ada juga batu kalau menuju pantai tersebut dari arah Manna ke kaur belok sebelah Kiri Desa Bengkenang, yang jaraknya sekira 25 meter dari pinggir jalan Pantai ini terletak di belakang perkampungan masyarakat.

>Pantai Selali
Pantai Selali di Desa Selali lokasi 20 Km dari Kota Manna arah ke Kab Seluma.

>Pantai Mengkudung
Pantai Mengkudung lokasi 12 Km dar Kota Manna di Desa Pasar Pino.

>Pantai Ketaping
Pantai Ketaping berada di Desa Ketaping, kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

>Sungai Manna
Sungai Manna yang membelah bagian selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi surga bagi petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi. Lokasi start awal Jeram Manna berada di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 40 Km dari Kota Pagaralam.

>Sungai Desa Tanjung Alam
Yang cukup menarik yang ada di Desa Tanjung Alam adalah keindahan dari sungainya yang airnya sangat jernih. Cukup banyak warga yang memanfaatkannya sebagai pemandian alam. Dan karena inilah cukup banyak wisatawan lokal yang mencoba menikmati keindahan alam Desa Tanjung Alam. Sebenarnya ini bisa menjadi potensi tempat wisata di Bengkulu Selatan yang sangat layak untuk dikunjungi. Bahkan juga bisa untuk olahraga rafting. Lokasi Sungai Desa Tanjung Alam masih berada di wilayah Kecamatan Kedurang.

>Meriam “Honisuit” Meriam Terbesar Di Indonesia peninggalan Inggris
Meriam " Honisuit " adalah peninggalan Inggris pada masa pendudukan di Kota Manna Bengkulu Selatan jenis meriam ini hanya satu satunya dan terbesar yang ada di Indonesia, panjang laras 3,4 m, panjang.dapur mesiu 2,5 m, diameter 90 cm lokasi pertama ini meriam berada di sekitar pantai pasar bawah, sekarang sudah dipindahkan di Padang Panjang, di pintu masuk Kota Manna.

>Bendungan Babatan dan Bendungan Air Nipis
Sebelum bertemu dengan Bendungan Air Nipis, anda akan melewati sebuah bendungan yang merupakan anak dari Bendungan Sungai Nipis, yaitu Bendungan Babatan. Objek wisata Bendungan Air Nipis adalah sebuah bendungan yang dijadikan tempat kunjungan wisata di Bengkulu Selatan, Bendungan yang dibangun tahun 1986 ini menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal dan memiliki potensi pariwisata yang baik dengan pengolahan yang baik pula tentunya. Bendungan yang terletak di Seginim Bengkulu Selatan ini memiliki fungsi utamanya sebagai irigator bagi sawah-sawah disekitarnya, oleh sebab itu panorama persawahan menjadi pemandangan yang dominan di tempat ini. Di hulu Sungai Nipis tepatnya di Desa Batu Balai, aliran airnya yang deras serta bebatuan yang menjulang sepanjang aliran sungai sangat bagus untuk dijadikan tempat untuk olahraga arung jeram.

>Bendungan Lubuk Langkap
Bendungan Lubuk Langkap Lokasi 32 Km dari Kota Manna di Desa Lubuk Langkap.

>Bendungan Batu Balai Air Bengkenang dan Lubuk Supit
Bendungan Batu Balai Air Bengkenang dan Lubuk Supit Lokasi 32 Km dari Kota Manna di Desa Sukarami.

>Bendungan Napal Cuguk
Bendungan Napal Cuguk Air Bengkenang di Desa Sukarami 29 Km dari Kota Manna.

>Bendungan Air Kedurang
Bendungan Air Kedurang di Desa Palak Siring 38 Km dari Kota Manna.

>Bendungan Selepah
Bendungan Selepah di Desa Babatan Ulu Kec. Seginim

>Goa Suluman Kedurang
Objek wisata ini berbentuk gua ini terkenal dengan nama Suluman Ulu Kedurang, letaknya persis di hulu Sungai Kedurang, tepatnya di Desa Batu Ampar. Tempat ini baru dapat dicapai setelah separuh perjalanannya kita lalui dengan angkutan umum sampai Desa Palak Siring kemudian dianjutkan dengan berjalan kaki menuju Desa Batu Ampar.

>Air Terjun Geluguran
Air Terjun Geluguran, terdiri dari sembilan tingkat dengan panorama alam yang sangat indah dan ketinggian ± 15 meter. Disekitar air terjun juga terdapat flora dan fauna. Terletak di jalan lintas Manna-Pagar Alam tepatnya di Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

 >Air Terjun Batu Trika 
Air Terjun Batu Trika Desa Bumi Agung Kec Kedurang Bengkulu Selatan. Air Terjun Batu Trika Desa Bumi Agung 48 Km dari Kota Manna. Disebut Batu Trika karena mirip Setrika baju.

>Air Terjun Dua Titik Lubuk Langkap
Air terjunnya ada dua titik yang tidak berjauhan, airnya sangat jernih dan saat mandi terasa sangat dingin dan sejuk. Air terjunnya memang tidak begitu tinggi, tapi debit airnya cukup lumayan untuk memenuhi kolam yang cukup lebar dan nyaman untuk berendam. Tempatnya adalah di Dusun Lubuk Langkap Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis Bengkulu Selatan.

>Air Terjun Simpur
Air Terjun Simpur terletak di Desa Simpur sebelum Air Terjun Luguran di ulu manna masih alami pas buat yg suka ngetrip perjalan dari jalan besar gak jauh skitar 45 menit perjalan.

>Air Terjun Curup Nerayan
Air Terjun Curup Nerayan berada di Talang Padang, yang masih di dalam Kecamatan Pino Raya. Memiliki nilai sejarah ketika masa perjuangan melawan kolonialisme Belanda. Dulu digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang Bengkulu Selatan dan kini telah berubah menjadi destinasi wisata yang sangat menarik.

>Air Terjun Curup Perahu
Air Terjun Curup Perahu lokasinya yang tidak begitu jauh dari Air Terjun Curup Nerayan. Air terjun yang dikelilingi pepohonan besar ini memang memberikan suasana yang sangat tenang. Jadi memang cocok buat kalian yang mencari ketenangan dengan diiringi suara alami gemericik air. Hampir sama dengan Air Terjun Curup Nerayan, dahulunya Air Terjun Curup Perahu digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang.

>Air Terjun Tiga Tingkat
Air Terjun Tiga Tingkat berada di Desa Tenam, yang masih berada di wilayah Kecamatan Ulu Manna. Ketika sudah sampai Air Terjun Tiga Tingkat, sentuhan alamnya begitu terasa, kamu harus sedikit mendaki ke tingkat dua, hingga ke tingkat tiga. Di air terjun yang tingkat tiga, kamu akan dimanjakan dengan eksotisme air terjun dengan kolam yang cukup besar dan beratapkan dedaunan yang cukup lebat.

>Air Terjun Tujuh Tingkat
Air Terjun Tujuh Tingkat berada di Kecamatan Ulu Manna, tepatnya di Desa Talang Tinggi. Dengan tingkatan air terjun hingga tujuh tingkat dan hampir semuanya memiliki kolam di bawah benar-benar membuat tiap wisatawan terpukau melihatnya. Airnya yang jernih suasana yang asri membuat pikiran kita akan kembali fresh.

>Arung Jeram Ulu Manna
Arung Jeram mulai dari Desa Air Tenam lokasi 48 km dari Kota Manna arah Kec Tanjung Sakti Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

>Bunker Jepang Taman Remaja 
Berlokasi di Kota Manna tepatnya di Kelurahan Belakang Gedung Kecamatan Pasar Manna,Bengkulu Selatan.Ada 2 buah situs yang merupakan Bunker salah satunya berada di Taman Remaja kota dan yang lain ada di Pinggir pantai namun nyaris tergerus laut.

>Tebat Rukis
Kawasan Tebat Rukis, Pasar Manna, Bengkulu Selatan yang sudah terkenal sebagai obyek wisata alternatif dalam wilayah Kota Manna, saat ini setiap sore bahkan malam hari, sering dijadikan tempat anak muda atau pasangan muda-mudi nongkrong.

>Tebat Gelumpai
Tebat Gelumpai yang terletak di Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

>Tebat Besak
Desa Bandar Agung, Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), memiliki objek wisata alami yang indah yakni Tebat Besak. Namun karena jalan menuju lokasi jurang dan terjal, belum banyak yang mengenal keindahan tebat yang luasnya 100 hektar ini.

>Tebat/ Situ Itik
Tebat/ Situ Itik yang terletak di Kel Padang kapuk Kota Manna

>Tebat/ Situ Pagar Dewa
Tebat/ Situ Pagar Dewa yang terletak di Desa Pagar Dewa Kota Manna

>Tebat/ Situ Serai
Tebat/ Situ Serai yang terletak di Desa Batu Lambang Pasar Manna

>Tebat/ Situ Ketaping
Tebat/ Situ Ketaping yang terletak di Desa Ketaping Manna

>Tebat/ Situ Besar Bandar Agung
Tebat/ Situ Besar Bandar Agung yang terletak di Desa Bandar Agung Ulu Manna

>Tebat/ Situ Air Tais
Tebat/ Situ Air Tais yang terletak di Pino Raya

>Bumi Perkemahan Sekuning
Bumi Perkemahan Sekuning yang terletak di Desa Jeranglah Rendah, Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

>Water Park 
Wahana bermain Waterpark Manna yang terletak di wilayah RT.13 Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna Bengkulu Selatan.

>Taman Merdeka 
Berfungsi sebagai lapangan untuk kegiatan upacara, lapangan sepakbola, tempat bermain, tempat acara atau pameran dan tempat berkumpul warga Kota Manna.

>Objek Wisata Batu Balai
Terletak di hulu dusun Suka Rami kecataman Air Nipis, Bengkulu Selatan, objek wisata alam Batu Balai sangat memikat banyak orang. Hal tersebut dikarenakan pemandangan alamnya yang indah dan masih alami, terbukti saat saya turun dan mandi di sungai terasa begitu dingin dan segar. lokasi yang menjadi daya tarik para pengunjung di Batu Balai ini adalah Bendungan peninggalan jaman Belanda yang masih berdiri kokoh di hulu sungai dengan dihiasi pepohonan rimbun di pinggirnya.

>Danau Kuranding
Danau Kuranding, sejak dahulu hingga sekarang merupakan sumber kehidupan masyarakat di dua Kecamatan di Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, yakni Kecamatan Air Nipis dan Kecamatan Seginim. Danau Kuranding ini lokasinya di hutan berbatasan dengan hutan lindung Bukit Riki dan beberapa kebun warga, tepatnya berada di Desa Tanjung Beringin.

>Danau Ulu Seginim
Objek wisata tersebut berada di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan. Para wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu, kata dia, selain dapat menyaksikan air danau yang bening, juga bisa menikmati pemandangan panorama alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

>Danau Muara
Muara Danau merupakan sebuah desa yang terletak dalam (daerah) kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

>Batu Megalitikum
Batu Megalitikum terdapat di Desa Sebilo dan Desa Kota Bumi, Kecamatan Pino. Batu megalitikum itu meliputi megalitik Lumpang Ayam, megalitik dolmen Situs Sebilo (batu lebar bertiang, megalitik dolmen Batu Langgar tempat peristirahatan Puyang Kuat di Desa Kota Bumi.

>Lubuk Sepit Kancing
Lubuk Sepit Kancing, pemandian alami yang dikelilingi batu cadas yang menjulang tinggi. Airnya yang berwarna hijau dan nyaris beratapkan ranting dan daun pepohonan ini memberikan sensasi kesegaran air alami yang berbeda. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Selatan ini masih membutuhkan waktu 1 jam dari Desa Sukaramai, yang masih di wilayah Kecamatan Air Nipis. Namun tidak perlu ragu lagi, perjalanan kamu akan menyenangkan melewati hutan dan juga perkebunan kopi milik warga setempat.

>Masjid Al-Manar
Masjid ini dibangun pada tahun 1902 yang diprakarsai oleh seorang Ulama penyebar agama Islam di Bengkulu Selatan ketika itu. Syech Muhammad Amin yang makamnya pun juga berada di dalam lingkungan Masjid Al-Manar. Masjid yang memiliki menara setinggi 13 meter ini sebelumnya hancur ketika terjadi benca gempa bumi pada tahun 2000 silam. Jadi kini hampir mayoritas bangunan Masjid Al-Manar adalah bangunan baru. Tetapi ide awal serta arsitektural masjid tetap memiliki nilai sejarah yang cukup berharga. Lokasi Masjid Al-Manar ini sendiri berada di pusat Kota Bengkulu Selatan yakni di Manna.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


No comments:

Post a Comment