Pages

Monday 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Bengkulu Utara


Daftar tempat wisata di Kabupaten Bengkulu Utara :

>Pantai Lais
Pantai Lais berada tepat di tepi jalan raya Lintas Barat Sumatra, jadi sangat mudah bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi itu. Jika dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu ke Pantai Lais membutuhkan jarak tempuh sekitar 60 km dan dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum.

>Pantai Ketahun
Pantai Ketahun yang terletak di Desa Pasar Ketahun merupakan salah satu objek wisata yang pernah berjaya dan memberikan kontribusi bagi pembangunan desa setempat. Namun karena proses alam terkena dampak abrasi yang parah.

>Pantai Karang Pulau
Cukup menarik Pantai Karang Pulau ini dan bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Hamparan pasirnya cukup luas yang bisa dipakai buat main bola voli bahkan sepakbola, cukup mengasyikkan. Ombaknya yang tidak begitu besar tetap bisa dipakai untuk bermain air, tapi juga tetap harus hati-hati, terkadang ombaknya juga cukup besar. Berjajarnya pohon di pinggir pantai cukup bisa membuat wisatawan ngadem sembari menikmati panorama Pantai Karang Pulau. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini tepatnya berada di Desa Karang Pulau, dan masuk di Kecamatan Putri Hijau.

>Pantai Kota Agung
Lokasinya berada di Desa Kota Agung yang termasuk perkampungan kecil yang berada di pesisir barat yang masih berada di Kecamatan Air Besi, juga memiliki pantai yang cukup cantik. Meskipun sebagian pantainya terkena abrasi justri menjadi background yang keren untuk fotografi. Tanahnya yang terlihat agak kekuningan berpadu dengan pepohonan kelapa yang rindang semakin terlihat cantik ketika hari mulai senja. Memang ketika matahari mulai terbenam itulah saat yang tepat untuk menikmati Pantai Kota Agung. Tempat wisata di Bengkulu Utara ini setidaknya bisa menjadi destinasi wisata alternatif yang menarik untuk dikunjungi di akhir pekan.

>Pantai Palik
Selain tebing dan pantainya yang memukau setiap wisatawan yang datang, panorama sunset di Pantai Palik bisa membuat wisatawan terkesima karena keindahannya. Keindahan alam yang bisa kamu nikmati tepat di atas tebing di pinggir pantai semakin terlihat begitu sempurna. Hembusan angin pantai seakan-akan membuat kita enggan berdiri sebelum matahari tenggelam total. Pantai Palik menjadi spot terbauk untuk yang mau berburu fotografi, ataupun yang demen banget sama selfie. Tempat wisata di Bengkulu Utara yang bisa diandalkan ini berada di Kecamatan Lais.

>Pantai Putri Hijau
Tidak beda jauh, dan hampir mirip dengan Pantai Lais yang cukup banyak batu karangnya dan memang sangat tepat jika dijadikan sebagai spot memancing. Tetapi ada spot menarik untuk menikmati keindahan sunset yang ada di Pantai Putri Hijau. Ada semacam tebing yang yang lokasinya tepat di pinggir pantai yang ditumbuhi banyak pepohonan seperti pohon kelapa, bisa sebagai tempat bersantai melihat panorama Pantai Putri Hijau atau menikmati eksotisnya senja di pantai. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat Kota Argo Makmur dan menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang sering dijamah warga lokal untuk menikmati keindahan senja.

>Pantai Tapak Balai
Di pantai ini terdapat seonggok tanah Kramat (mirip Tanah Lot Bali). Meskipun tidak ada jembatan yang menghubungkan antara bukit pinggir pantai dengan pulau kecil yang ada di tengah pantai, kamu tetap bisa menginjakkan kaki di pulau kecil yang eksotis itu. Tapi ya harus menunggu air lautnya surut terlebih dahulu, karena ombaknya terkadang cukup besar. Kelebihan lainnya di tempat wisata di Bengkulu Utara ini adalah kamu bisa menikmati keindahan sunset di balik pulau kecil denngan hiasan pohon kelapa di atasnya. Satu pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan pastinya, ketika kamu berada di Pantai Tapak Balai, yang berada di Desa Tebing Kandang, dan masuk di wilayah Kecamatan Air Napal.

>Pantai Urai
Pantai yang berada di Desa Urai, Kecamatan Ketahun ini berada di jalan lintas barat Sumatera, yang menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Bengkulu. Namun dikarenakan abrasi yang cukup parah bisa mengakibatkan jalan lintas ini terputus. Cukup banyak juga terkadang pengendara berhenti di Pantai Urai sembari melepaskan penat karena lelah dalam perjalanan. Cukup menjajikan sebenarnya Pantai Urai yang dulu cukup terkenal ketika batu akik booming, karena banyak bebatuan berbagawai warna yang ada di pinggir pantai. Pantai Urai ini cukup memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata di Bengkulu Utara yang dapat diandalakan. Birunya air lautnya, pantainya yang berish serta perbukitan menjadi pemandangan menarik ketika berada di Pantai Urai.

>Pantai Tapak Batu
Pantai Tapak Batu terletak di jalan raya lintas barat Sumatera, Pal Tiga Puluh, Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

>Pantai Air Padang
Pantai Air Padang di Desa Air Padang Kecamatan Lais Bengkulu Utara.

>Pantai Air Lakok
Pantai Air Lakok di Kecamatan Lais Bengkulu Utara.

>Lebong Tandai
Emas di Tugu Monumen Nasional (Monas) di Jakarta merupakan sumbangan pengusaha Aceh yang diambil dari Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih, Bengkulu Utara. Batavia kecil adalah nama lain untuk kawasan Lebong Tandai yang digunakan Belanda ketika menjarah lokasi tambang emas di wilayah itu. Dulunya, wilayah tersebut pernah menjadi incaran banyak pihak, Portugis, Inggris, Belanda, Cina dan Jepang. Bahkan, setelah Indonesia merdeka pun, investor tetap mengincar lokasi tersebut. Terdapat berbagai macam perkakas tambang, kereta lori, gelundungan, gedung Belanda, dokumen saham, dan lain-lain. 

>Kereta Lori Molek
Alat transportasi ini dapat ditemukan di Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara. Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat, Zikri, pada tahun 1997, lori yang selama ini digunakan warga diubah menjadi Molek.

>Gunung Bukit Daun dan Hulupalik
Gunung Bukit Daun dan Hulupalik khusus wisata Adventure (Cocok buat Ekspedisi Petualangan).

>Taman Berburu dan Pusat Pelatihan Gajah Seblat
Lokasi pusat latihan gajah Seblat terletak di Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar 132 Km dari Kota Bengkulu dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat, dapat juga ditempuh melalui jalan Simpang Air Muring ke Desa Gajah Seblat Suka Maju atau Simpang Desa Kota Bani dan Suka Baru. Adapun hewan buruan yaitu babi, kancil, kelinci, kijang, tupai, dan lainnya.

>Air Terjun Kepala Siring Tangga 1000 Kemumu
Objek Wisata Air Terjun Kepala Siring adalah salah satu tujuan wisata baik lokal maupun wisatawan luar daerah di daerah Kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki daya tarik berupa air terjun dan irigasi peninggalan Belanda serta pemandangan alam hutan konservasi sebagian tempat tumbuhnya Rafflesia Arnoldi. Fasilitas : Jalan aspal kelokasi, Shelter dan halaman parkir.

>Air Terjun Curug Sembilan (Air Terjun 9 Tingkat)
Air Terjun Curug Sembilan ini berada di Desa Tanah Hitam, yang masih di dalam Kecamatan Padang Jaya. Air terjun Curug 9 ini juga dikenal dengan Air Terjun 9 tingkat. Pemandangan ini sangat memanjakan mata lantaran 9 tingkat air terjun tersebut bisa dilihat langsung bersamaan dengan aliran sungai tempat tumpahan air terjun tersebut.

>Air Terjun Banyu Biru
Memang di Kelurahan Kemumu, yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Arga Makmur banyak menyimpan destinasi wisata yang istimewa, salah satunya adalah Air Terjun Banyu Biru. Selain itu masih banyak lagi, seperti Air Terjun Kemumu, Lorong Batu. Untuk lokasi Air Terjun Banyu Biru ini berada di ujung Lorong Batu, yang bisa kamu susuri menggunakan pelampung seperti menggunakan ban atau perahu karet kecil. Yang menariknya lagi kolamnya yang cukup lebar menjadi spot terbaik untuk berendam maupun berenang. Sangat wajar memang jika Kelurahan Kemumu bisa menjadi lokasi wisata terpadu dan menambahkan daftar tempat wisata di Bengkulu Utara yang wajib untuk dikunjungi.

>Air Terjun Batu Layang
Lokasi Air Terjun Batu Layang terletak di Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini dapat diakses menggunakan sepeda motr sampai ke tempat pemberhentian di desa Batu Roto kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 jam melalui medan yang tak terlalu berat.

>Air Terjun Baturoto
Air Terjun Baturoto ini terdiri dari 3 air terjun yang bernama Air Terjun Cincin, Tengah dan Ujung. Terletak di Desa Baturoto, Kecamatan Hulupalik, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu.

>Air Terjun Cincin
Karena bentuk terbingnya bulat menyerupai cincin, akhirnya banyak warga setempat yang menamakannya Air Terjun Cincin. Tidak begitu tinggi, dan memungkinkan kamu untuk masuk ke lubang tebing air terjun dan merasakan sensasi guyuran air. Di tempat wisata di Bengkulu ini juga memiliki kolam yang bisa buat berendam. Tidak beda jauh dengan kedua air terjun lainnya, Air Terjun Batu Roto dan Air Terjun Tengah, Susana yang begitu asri, pepohonan nan hijau, dan sungai yang penuh batu menjadi pemandangan yang menakjubkan.

>Air Terjun Tengah
Masih di lokasi yang sama dengan Air Terjun Batu Roto dan tidak begitu jauh jaraknya yang memiliki ketinggian sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Air Terjun Batu Roto. Suasana yang asri, banyaknya pepohonan nan hijau, bulir embun dari ari terjun semakin membuat kawasan Air Terjun Tengah terasa sangat sejuk. Kedalaman kolamnya yang sedang semakin membuat wisatawan semakin ingin merasakan kenikmatan mandi di kolam alami. Tidak jarang juga banyak wisatawan yang nge-camp di areal tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Dan yang pasti harus membawa perbekalan yang cukup selama nge-camp.

>Air Terjun Kokoi
Air terjun Kokoi, yang berada di Desa Taba Tembilang Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, dapat menjadi pilihan anda, yang hobby bertualang. Di Air terjun Kokoi, anda dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan menikmati sejuknya air alam yang belum terkontaminasi.

>Air Terjun Balam
Air Terjun Balam di Desa Balam Kecamatan Air Padang. Meski air terjun yang ada tak terlalu tinggi, namun keindahan alam serta kesan natural yang terpancar dari obyek wisata ini cukup mampu diandalkan untuk dikembangkan.

>Air Terjun Pacitan
Air Terjun Pacitan di Desa Argamulya, yang masuk di dalam Kecamatan Padang Jaya. Untuk menuju lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tergolong cukup mudah dan bisa menggunakan kendaraan roda dua hingga mendekati lokasi wisata air terjunnya. Meskipun jalannya ketika musim hujan agak licin, dan traveler meski ekstra hati-hati. Tidak begitu tinggi tebing dimana air terjun berada, namun lebar dari air terjunnya dan debit airnya yang besar semakin melukiskan keindahan. Di keliling pepohonan yang rindang semakin membuat kolamnya yang cukup lebar semakin sejuk dan segar. Inilah yang diburu para traveler ketika berkunjung di Air Terjun Pacitan kolamnya yang bisa buat berenang.

>Air Terjun Tembulun
Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu Utara yang satu ini memang dibutuhkan jiwa petualang, karena lokasinya dan medannya pun agak berat. Jadi sudah pasti destinasi wisata Air Terjun Tembulun ini masih sangat jarang yang mengunjunginya. Pertama kamu harus menuju Kecamatan Putri Hijau lalu dilanjutkan ke Desa Air Putih yang jaraknya kurang lebih 25 km. Lalu masih berlanjut juga menuju Sungai Tembulun yang jaraknya 12 km. Untuk menuju ke Sungai Tembulun kamu harus menuruni perbukitan terjal yang harus ekstra hati-hati. Kemudian berlanjut lagi menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai ke arah Air Terjun Tembulun. Keindahannya benar-benar membuat kita lupa akan segalanya hanya rasa kagum terhadap ciptaan Sang Maha Kuasa. Tapi traveler tetap harus hati-hati karena sungai dan kolam air terjun ini memiliki kedalaman hingga 15 meter dan arus sungainya juga sangat kuat.

>Sungai Air Nokan
Masih belum begitu banyak traveler yang mengeksplorasi Sungai Air Nokan tertuma yang berada di hulu sungai, yang masih berada di Kawasan Hutan Lindung Bukit Daun. Padahal potensinya sangat luar biasa, panorama hutan yang cukup kaya akan flora dan juga faunanya didukung dengan masih alaminya hutan yang masih menyisakan pepohonan yang cukup besar-besar menjadi wisata alam yang selalu diminati wisatawan. Terlebih lagi Sungai Air Nokan yang bisa digunakan sebagai olah raga arung jeram karea arusnya cukup deras. Ada spot tertentu di Sungai Air Nokan yang tidak begitu jauh dari hulu sungai yang menyajikan panorama alamnya yang begitu sempurna, bebatuan besar yang berada di sungai menjadi background yang sangat menarik untuk fotografi.

>Sungai Seblat
Keindahan panorama akan Sungai Seblat tampak begitu jelas, airnya yang jernih dengan dihiasi hijaunya hutan kanan kiri dan juga berada di kawasan Taman Wisata Alam Seblat semakin menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa menyewa perahu masyarakat setempet untuk menyusuri sungai menikmati panorama hutan alami. Atau bisa membawa perahu karet layaknya arung jeram, sepertinya sangat mengasyikkan sebagai salah satu cara menikmati keindahan Sungai Seblat. Bisa juga dengan wisata memancing di tengah ataupun di pinggir sungai yang banyak dihuni ikan tawar yang memberikan sensasi strike luar biasa.

>Sungai Senali
Berenang dan menyelam di air yang jernih dari mata air pegunungan yang segar. Dengan pemandangan yang indah di sekitarnya. Air Senali terletak di Desa Senali, kira-kira Empat kilometer dari pusat Kota Argamakmur Bengkulu Utara. Aksesnya mudah karena terletak di pinggir jalan dengan tiket yang murah meriah kita bisa menikmati kesegaran berenang di Air Senali.

>Hutan Lindung Boven
Inilah tempat wisata di Bengkulu Utara yang menjadi andalan yang mampu mendatangkan banyak wisatawan domestik maupun asing. Hutan Lindung Boven adalah kawasan ekowisata dan menjadi habitat Bunga Raflesia Gadutensis. Bedanya hanya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Bunga Raflesia Arnoldi. Pada musim-musim tertentu kamu bisa melihat secara langsung bunga-bunga tersebut yang biasanya hidup di daerah Air Terjun Palak Siring atau Air Tejrun Kemumu. Liburan kamu akan lebih sempurna ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini. Selain menikmati panorama hutan lindung dan air terjun kamu juga bisa selfie bareng bunga Raflesia Gadutensis.

>Lorong Batu
Tempat wisata di Bengkulu Utara ini benar-benar membuat para wisatawan terpukau dengan keindahan relief alami dinding batu yang mengapit sungai di tengahnya. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Arga Makmur yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit, menjadikan destinasi wisata Lorong Batu difavoritkan begitu banyak wisatawan. Ibarat pemandian alami dengan dasar batu yang membuat airnya semakin terlihat jernih bak kemilaunya kaca, arusnya yang sedang bisa kamu gunakan untuk kegiatan susur sungai atau bersantai menggunakan pelampung. Pepohonan nan rindang ibarat payung alami yang memayungi sepanjang Lorong Batu. Lokasi wisata andalan Kabupaten Bengkulu Utara ini tepatnya berada di Kelurahan Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara.

>Wisata Alam Lemo Nakai
Kawasan Wisata Alam Lemo Nakai yang masuk dalam wilayah desa Batu Raja R, Kecamatan Hulu Palik. Keunikannya dan keindahan Lemo Nakai ini adalah ada 7 jenis atau macam air terjun yang ada di kawasan wisata ini, yang letaknya tidak berjauhan alias berdekatan. Ke-7 macam air terjun ini diberi nama, curug ujen, curug tembeak, curup lekat, curug gelang emas atau curug cincin, Curug nakai ukup, curug nakai jeniak, curug gum-gum.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


No comments:

Post a Comment