Pages

Monday 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Rejang Lebong


Daftar tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Rejang Lebong :

>Danau Mas Harun Bastari
Danau Mas Harum Bastari terletak di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, berjarak sekitar 19 Kilometer dari Kota Curup (ibu kota Kabupaten Rejang Lebong) atau sekitar 25 Kilometer dari Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Danau Mas Harun Bastari ini dikelilingi perbukitan nan hijau yang menjadikannya semakin terasa sejuk dan eksotis.

>Danau Talang Kering / Danau Bermanei
Danau yang menjadi salah satu kebanggaan  masyarakat Curup ini,  awalnya hanya genangan besar di kawasan Desa Tunas Harapan, Kecamatan Curup Utara Rejang Lebong.  Karena kondisi alam, lama-kelamaan genangan itu kian  melebar  hingga menjadi danau indah seperti saat ini. Karena letaknya di Dusun Talang Kering, maka lekatlah nama itu di danau. Sebelum menjadi obyek wisata nan indah, danau hanya dimanfaatkan warga sebagai arena pemancingan ikan dan mencari lobster yang ukurannya relatif besar.

>Danau Telapak
Masih belum banyak traveler yang mengetahui tentang Danau Telapak begitu juga dengan lokasi tempat wisata di Bengkulu nan eksotis ini. Danau Telapak ini berada di lereng Bukit Daun dengan ketinggian kurang lebih 2.00 mdpl. Inilah destinasi wisata yang cukup difavoritkan para pendaki Bukit Daun, dan tak jarang pula mereka mendirikan tenda dan menginap semalaman di dekat Danau Telapak. Diberikan nama Danau Telapak karena bentuknya danau ini seperti telapak manusia jika dilihat dari ketinggian, atau mencoba menggunakan google earth. Pepohonan hutan yang sangat lebat seakan mengelilingi Danau Telapak, dan memang untuk mengunjunginya kita harus membelah hutan yang cukup rapat. Tapi semua perjalanan kamu ke Danau Telapak atau Bukit Daun akan terbayarkan ketika sudah mencapai di Danau Telapak atau di Bukit Daun.

>Bukit Kaba
Objek wisata alam Bukit Kaba merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati. Untuk mencapai puncak Gunung Kaba ini pendaki terlebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong - Curup. Untuk ke Curup dapat dicapai dari barat Bengkulu sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau. Dari Curup menuju ke kampung Bukit Kaba dan berkemah di Desa Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 Km dari Curup.

>Gua Bukit Makmur
Lokasi Gua Bukit Makmur berada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

>Suban Air Panas
Objek wisata Suban Air Panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat Bengkulu, Kelebihan objek wisata ini sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berbagai keunikan di dalamnya. Obyek wisata ini masih terus dikembangkan dan ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara. Disini juga terdapat Batu Tri Sakti, Batu Menangis, dan Air Terjun Suban/Bioa Embun.

>Air Terjun Batu Betiang / Bertingkat
Keunikan dari Air Terjun Batu Betiang adalah memiliki dinding terjunan air yang berbentuk balok-balok batu persegi panjang berukuran besar tersusun rapi.  Nama Betiang menurut bahasa daerah setempat berarti sebuah tiang yang tegak kokoh, Terletak di Dusun Merasi, Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong.

>Air Terjun Cughub Sempiang
Air Terjun Cughub Sempiang terletak di Desa Sempiang, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Rejang Lebong.

Air Terjun Curup Lekat / Air Terjun Talang Rimbo
Air Terjun Curup Lekat, begitu warga sekitar menyebutnya, berada di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah. Atau tidak jauh dari Puskesmas Talang Rimbo Lama. 

>Air Terjun Panas Pacoa Seribeu
Air terjun panas Gerojogan Sewu atau dalam bahasa setempat disebut juga Pacoa Seribeu. Terletak di Desa Sumber Urip, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Pacoa Seribeu dikelilingi pemandangan alami. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari kaki Gunung Api Bukit Kaba, dan berada di tengah perkebunan kopi dan sayuran. Jaraknya sekitar 300 meter dari jalan raya menuju Bukit Kaba.

>Air Panas Desa Tempel Rejo
Air panas Desa Tempel Rejo yang terletak dalam daerah kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

>Telaga Tiga Warna
Telaga Tiga Warna terletak di Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong.

Daftar tempat wisata buatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong :

>Bendungan Musi Kejalo
Bendungan Air Musi Kejalo yang berada dalam wilayah Kecamatan Selupu Rejang ini memiliki pemandangan yang menyejukkan mata,karena di sekelilingnya terdapat tebing-tebing hijau, dan jika anda beruntung anda akan mendapati sekumpulan Cigog (sejenis monyet) yang sedang mencari makan diantara rerimbunan pepohonan yang ada di sekitar bendungan tersebut.

>Kebun Teh Bukit Daun
Pemandangan yang indah di kaki Bukit Daun cukuplah mengesankan. Hijaunya hamparan daun teh yang memberikan pesona baru kawasan Bukit Daun menambah eksotiknya kawasan ini. Terletak di Kecamatan Bermani Ulu, tidak jauh dari Kampung Melayu (ibukota kecamatan). Jaraknya kira-kira 5 Km dari Kampung Melayu dan sekitar 25 Km dari Kota Curup.

>Taman Wisata Alam "Diobagite"
Objek taman wisata Diobagite ini terletak 4 Km dari pusat Kota Curup. Tempat wisata yang cukup representatif ini, memiliki beberapa sarana antara lain kolam pemancingan, kolam renang, kolam air panas, mandi uap, dan memiliki koleksi binatang antara lain beruang, gajah, berbagai jenis burung, kuda, kera, monyet, kura-kura, biawak, dan lain sebaginya. Juga terdapat sarana bermain anak-anak, motor anak, dan lain-lain.

Daftar tempat wisata cagar budaya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong :

>Batu Panco-Desa Batu Panco
Keberadaan Batu Panco yang berjarak sekitar 3 Kilometer dari pusat Kota Curup. Batu berbentuk seperti meja tersebut terletak ditengah-tengah tempat pemakaman umum Desa Batu Panco.

>Buteu Libea (Batu Lebar)
Situs Megalitikum Buteu Libea ( bhs Rejang- Batu Lebar ) terdapat di Desa Seguring yang berada di wilayah Kecamatan Curup Utara. Situs ini berada di atas bukit,yang tidak jauh dari perkampungan penduduk.

>Batu Mandi Dewa, Batu Bejemur, dan Batu Berhias
Keberadaan benda-benda bersejarah seperti batu, tak terlepas dari mitos maupun legenda yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat. Begitu juga dengan keberadaan tiga batu yang berada di Desa Batu Dewa Kecamatan Curup Utara.

>Batu Lehir Susun
Batu Lehir Susun berada di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

>Batu Kelir
Batu Kelir terletak di Desa Sumber Bening, Kabupaten Rejang Lebong.

>Tugu Pahlawan Tabarenah dan Relief Perjuangan Tabarenah
Tugu dan monumen itu merupakan tonggak sejarah perjuangan masyarakat Rejang Lebong, khususnya warga Dusun Tabarenahm (kini Desa Tabarenah) dalam mempertahankan kemerdekaan RI. Sedangkan Taman Makam Pahlawan dan Jembatan Tabarenah, dua bukti sejarah selain Tugu dan Monumen Pahlawan di Desa Tabarenah kondisinya agak lebih terawat.

Daftar tempat wisata Kabupaten Lembak Beliti :

Kecamatan Sindang Kelingi :
>Air Terjun Tri Muara Karang Desa Belitar Kec. Sindang Kelingi
>Air Terjun Sindang Kelingi Desa Sindang Jati
>Air Terjun - Cawang
>Air Terjun Desa Cahaya Negeri
>Air Terjun Desa Beringin Tiga
>Pemandian Air Panas Sindang Jati

Kecamatan Padang Ulak Tanding :
>Air Terjun Tangga Seribu - Kepala Curup
>Cek Dam (Danau Buatan)
>Lubuk Beso - Apur
>Peninggalan Benda Sejarah Desa Apur
>Air Terjun / Gua Curup Beraput - Desa Apur
>Air Terjun Sekudun - Desa Apur
>Air Terjun Sungai Napal

Kecamatan Kota Padang :
>Air Terjun Curug Embun Desa UPT Trans
>Air Terjun Angin Desa Lubuk Mumpo
>Air Terjun dan Gua La Desa Suka Merindu
>Stasiun Kereta Api Kota Padang

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


No comments:

Post a Comment