Pages

Saturday 19 November 2016

Beberapa Versi Asal Muasal Nama Bengkulu

bangka hulu

Bengkulu (bahasa Belanda : Benkoelen atau Bengkulen, bahasa Inggris : Bencoolen, bahasa Malayu : Bangkahulu) adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian barat daya pulau Sumatera. Ada beberapa versi asal mula nama Bengkulu sebagai berikut :

>BangkaHulu
Kampung yang dibangun pertama kali itu bernama Tanah Tinggi. Di hulu sungai banyak terdapat pohon bangka (pinang). Suatu hari penduduk kampung Tanah Tinggi itu melihat batang bangka hanyut ke hulu. Pohon bangka itu sangat aneh, bentuknya melingkar lingkar, mulai dari pangkal sampai keujungnya. Keanehan pohon ini mengundang penduduk Tanah Tinggi untuk menyaksikannya. Dari kejadian inilah penduduk Tanah Tinggi menamakan tanah kediaman mereka dengan Bangka Hulu, yang berasal dari kata bangka (pinang) dan hulu (ulu sungai). Sejak saat itulah nama Bengkulu dipakai orang.

>BangkaHulu
Ada juga yang menyebutkan bahwa Bengkulu berasal dari kata Bangka Hulu karena terletak di hulu Sungai Musi sedangkan yang terletak di hilir Sungai Musi yaitu kepulauan Bangka Belitung

>BangKulon
Bengkulu berasal dari bahasa Melayu-Jawi kata Bang yang berarti “Pesisir” dan Kulon yang berarti “Barat”, kemudian terjadi pegeseran pengucapan Bang berubah menjadi Beng dan Kulon menjadi Kulu. Jadi, Bengkulu artinya pesisir barat, karena berada di kawasan pesisir barat pulau Sumatra.

>Bencoolen
Bencoolen berasal dari bahasa Inggris yaitu kata Bang yang artinya ledakan/letupan dan Coolen yang berasal dari  kata “Cut Land” yang berarti tanah patah. Wilayah pesisir barat Sumatra merupakan wilayah gunung api laut dan patahan gempa bumi yang paling aktif di dunia yang berpotensi terjadinya gempa bumi dan tsunami.
  
>Empang ka hulu
Dahulu kala terjadi perang antara Kerajaan Aceh dan Kerajaan Sungai Serut Bengkulu. Anak Dalam, saudara kandung Gading Cempaka meneriakkan “Empang ka hulu, empang ka hulu” yang berarti hambat mereka jangan sampai ke hulu. Dari kata-kata inilah, lahir nama Bangkahulu atau Bengkulu. Seusai perang, Kerajaan Sungai Serut meninggalkan Kerajaan yang sudah hancur dan pindah ke dusun Rindu Hati dan Gunung Bungkuk.

>BangkaiHulu
Bangkahulu berasal dari kata 'Bangkai' dan 'Hulu' yang maksudnya 'bangkai di hulu'. Konon menurut cerita, dulu pernah terjadi perang antar kerajaan dan dari pertempuran itu banyak menimbulkan korban dari kedua belak pihak di hulu sungai Bengkulu. Korban-korban perang inilah yang menjadi bangkai tak terkuburkan di hulu sungai tersebut maka tersohorlah sebutan Bangkaihulu yang lama-kelamaan berubah pengucapan menjadi Bangkahulu atau Bengkulu.

> Bengkolan
Menurut versi Saya sendiri, Bengkulu berasal dari kata Bengkolan yang artinya Belokan, karena jalan Bengkulu berliku-liku dan berkelok-kelok banyak terdapat Bengkolan. Lama-kelamaan kemudian Bengkolan berubah menjadi Bengkulu.     JIAAKAKAKAKAKAK.... Just Kiding ^_^


Sumber : Dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment