Pages

Thursday 4 April 2013

AZAZIL (Kronologi Iblis)

Sebelum adam diciptakan, bumi telah dihuni oleh bangsa Jin dari api. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.(QS. 15:27). Nenek moyang bangsa Jin adalah Jann, banyak beribadah kepada Allah. Karena banyak ibadahnya, malaikat menjadi kagum dan memohon kepada Allah, agar diangkat ke langit. Lalu Allah mengangkat Jann dan diberi nama baru yaitu Azazil. Sementara kaum jin yang lain hidup dibumi ada yang beriman dan ada yang ingkar.

Azazil sangat banyak memiliki julukan, seperti Sayid al-Malaikat dan Khazin al-Jannah.
Di setiap langit ia memiliki julukan yang sangat bagus, yaitu :
Langit pertama, Ahli ibadah (al-Abid),
Langit kedua, Ahli ruku (ar-Raki),
Langit ketiga, Ahli sujud (as-Saajid),
Langit keempat, Selalu merendah dan takluk kepada Allah (al-Khaasyi),
Langit kelima, Selalu ta'at (al-Qaanit),
Langit keenam, Bersungguh-sungguh dalam beribadah (al-Mujtahid),
Langit ketujuh, Sederhana dalam menggunakan sarana hidup (az-Zahid).

Selama itu pula Azazil menjadi malaikat yang dikenal penduduk surga karena doanya selalu dikabulkan oleh Allah, bahkan para malaikat pernah memintanya untuk mendoakan agar mereka tidak tertimpa laknat Allah. Dengan reputasi ibadahnya, Azazil semakin bebas berkelana ke seantero lapisan langit. Tidak ada wilayah langit yang belum dikenalnya. Seluruh malaikat kagum kepadanya. Azazil memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat, memiliki tempat dibeberapa langit, mendengarkan berita-berita rahasia Tuhan dan masih banyak lagi.




Pada suatu ketika saat malaikat Israfil berkeliling surga ia mendapati tulisan di pintu surga “Seorang hamba Allah yang telah lama mengabdi akan mendapat laknat dengan sebab menolak perintah Allah “.

Tulisan yang tertera di salah satu pintu surga itu membuat Israfil menangis, Ia takut itu adalah dirinya. Para malaikat yang lain juga menangis dan punya ketakutan yang sama dengan Israfil. Mereka lalu sepakat untuk mendatangi Azazil yang dikenal dengan doanya yang mustajab.

Ketika mendengar penjelasan Israfil, Azazil berkata :”Ya Allah ! Hambamu yang mana yang berani menentang perintah-Mu…, sungguh aku ikut melaknatnya”. Lalu Azazil memanjatkan doa : “Ya Allah lindungi mereka dari laknat Mu”. Azazil lupa ia juga hamba Allah dan tak menyadari bahwa kata hamba di salah satu pintu surga itu bisa menimpa siapa saja termasuk dirinya. Celakanya, Azazil tidak mendoakan dirinya.

Hingga tibalah ketika pada suatu waktu para malaikat di panggil atas undangan Allah.

“Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang khalifah di bumi”. Para malaikat berkata: “Mengapa hendak Kau jadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan menyucikanMu?” Tuhan menjawab: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui”. (QS. Al-Baqarah 2:30).

Kekhawatiran malaikat ini karena memang sebelumnya telah terjadi pengrusakan dan pertumpahan darah di bumi oleh bangsa Jin.

Allah lalu menciptakan manusia pertama yang diberi nama Adam. Kepada para malaikat, Allah memperagakan kelebihan dan keistimewaan Adam, yang menyebabkan para malaikat mengakui kelebihan Adam atas mereka. Lalu Allah menyuruh semua malaikat agar bersujud kepada Adam, sebagai
wujud kepatuhan dan pengakuan atas kebesaran Allah. Seluruh malaikat pun bersujud, kecuali Azazil.

Allah berfirman:` Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? `Menjawab iblis:` Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah `.(QS. 7:12)

Allah berfirman:` Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina `.(QS. 7:13)

Iblis menjawab:` Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan `.(QS. 7:14)

Allah berfirman:` Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh. `(QS. 7:15)

Iblis menjawab:` Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,(QS. 7:16)


Karena Azazil tidak mematuhi perintah Allah, maka serta merta Allah tidak memanggil dengan nama Azazil lagi, tapi dengan nama barunya, Iblis artinya putus asa, karena ia telah berputus asa dari rahmat Allah.

Dengan seketika Allah merubah mukanya yang asalnya sangat indah cemerlangan menjadi bentuk seburuk-buruk rupa. Allah merubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.




Azazil diberi tangguh hingga hari akhir kiamat. Dengan janji untuk menyesatkan Adam dan anak cucunya seluruhnya, kecuali hamba-hamba Allah yang ikhlas di antara mereka.

Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka."
(Q.S Sad: 82-83)


Lalu Allah menjawab:

“ Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya.(Shaad, 38:85)

Selama 120 ribu tahun beribadah, Azazil si pemimpin para malaikat dan si bendaharawan surga juga menyandang semua gelar kehormatan dan kemuliaan di tiap lapisan surga, dan selama 70 ribu tahun ia menjadi penyembah Allah yang paling taat. Karena kesombongannya maka tiadalah guna ibadah yang sangat luar biasa tersebut.

Kisah Azazil ini bisa jadi bahan renungan bagi kita semua. Alangkah sayangnya, makhluk yang ahli ibadah ini harus mendapat kutuk karena kesombongan merasa lebih tinggi derajatnya dari makhluk lain. Apa penyebab Azazin tak mau sujud kepada Adam, apa karena takut lengser dari kursi kepemimpinanya. Ini bisa menjadi bahan renungan untuk para pemimpin.

Sumber-sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Azazil
http://latifah.msani.net/?p=499
http://imarou.multiply.com/journal/item/2/SEJARAH-AZAZIL-RAJA-IBLISDAN-ADAM?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://atoenx.blogspot.com/2012/05/asal-mula-iblis-azazil.html
http://pseudosupra.blogspot.com/2012/07/kisah-azazil-azazil-ketua-malaikat.html

2 comments:

  1. Hello there! I could have sworn I've been to this site before but after browsing through some of the post I realized it's new to me.
    Anyways, I'm definitely glad I found it and I'll be bookmarking and checking back often!

    Feel free to visit my webpage - clash of clans hack

    ReplyDelete
  2. Oke mr/mrs, i'm very glad too visit my blog, thanks

    ReplyDelete