Pages

Tuesday 4 July 2017

Wirid Sesudah Sholat dan Artinya

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Beserta Artinya :

Ini adalah bacaan wirid yang sering dipakai oleh Imam Panorama Kota Bengkulu dan para jamaah terutama orang Lembak Bengkulu. Ini adalah warisan para leluhur. Mungkin terdapat sedikit perbedaan dari wirid yang lain, tapi pada umumnya hampir sama. Semoga bermanfaat...


أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ، اَلَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ، وَأَتُوْبُ
(3X) إِلَيْهِ

Astaghfirullahal 'azhiim allazii laa ilaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih. (3x)

Artinya : "Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada tuhan melainkan Dia, Yang Maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan Saya bertobat kepada-Nya."


،لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ
(10X) وَهُوَعَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Laa ilaha illallaahu wahdahu laa sharikalah lahul mulku wa lahul-hamdu yuhyii wa yumiit wa huwa `alaa kulli shaiin qodiir (10x)

Artinya; "Tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nyalah segala kerajaan, dan bagi-Nya segala puji. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. "


(7X) اَللَّهُمَّ اَجِرْنَا مِنَ النَّارِ
 Allahumma ajirnaa minannar (7x)  Artinya : "Ya Allah, lindungilah Aku dari api neraka."


اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمُ، وَأَدْخِلْنَا اْلجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Allaahumma antas salaam wa mingkas salaam wa ilaika ya'uudus salaam fa hayyinaa rabbanaa bis salaam wa adkhilnal jannata daaras salaam tabaarakta rabbanaa wa ta'aalaita yaa dzal jalaali wal ikraam

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan daripada-Mu lah kesejahteraan itu dan kepada-Mu lah akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, maka hidupkan lah kami ya Allah dengan sejahtera. Dan masukkan lah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang kuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."


،أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ
أَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، أَلرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ، إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، إِهْدِنَا الصِّرَاطَ اْلمُسْتَقِيْمَ، صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّيْنَ، آمِيْنَ
A’udzubilla himinas shaithanirrajim. Bismillaa hirrahmaanir rahiim. Alhamdulillaahirabbil `aalamiin. Arrahmaanirrahiim. Maalikiyaumiddiin. Iyyaakana' buduwaiyyaakanasta'iin. Ihdinasshiraathal mustaqiim. Shiraathalladziina an 'amta `alaihim ghoiril maghdhuubi `alaihim wa laddhaalliin. Aamiin. (Al-Fatehah : 1-7)

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. Semoga Allah memperkenankan."  (Al-Fatehah : 1-7)


وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ، لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيْمِ
Wa ilaahukum ilaahu waahid, Laa ilaaha illaa huwarrahmaanurrahiim. (Al-Baqarah 163)

Artinya: "Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada tuhan melainkan Dia, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." (Al-Baqarah 163)


أَللهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِيْ السَّمَاوَاتِ وَمَا فِيْ الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta'khudzuhuu sinatu wa laa nauum, lahu maa fissamaawaati wa maa filardh, man dzal-ladzii yasfa`u `indahu illaa biidznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum wa laa yuhiithuuna bishai im min `ilmihi illaa bimaa shaak, wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa ya uduhu hifzhuhumaa wa huwal `aliyyul `azhim. (Al-Baqarah 255)

Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang dihadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, lagi Mahabesar." (Al-Baqarah 255)


شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُوْلُوْ الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَاإِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ، إِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ
Shahidallahu annahu laa ilaaha illaa huwa, walmalaaikatu wa ulul ilmi qoo iman bilqist laa ilaha illaa huwal ‘aziizul hakim. Innaddinna ‘indallohil islam. (Ali Imran 18-19)

Artinya: "Allah menyatakan bahwasannya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama yang diridhoi Allah hanyalah Islam." (Ali Imran 18-19)


قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. تُوْلِجُ اللَّيْلَ فِيْ النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِيْ اللَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ الْحَيَّمِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِحِسَابٍ
Qulillahumma maalikalmulki tuktil mulka man tashaau watanzi ’ul mulka mimman tashaau watu’izzu man tashaa watuzillu man tasha biiyadikal ghairu innaka ‘ala kulli shaiin qodiir. Tuulijullaila finnahaari watuulijunnahaara fillaili watukhrijulhayya minal mayyiti watukhrijul mayyita minal hayyii watarzuqu mantashaau bighairi hisaab. (Ali-Imran: 26-27)

Artinya : "Katakanlah "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki, dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan (batas)." (Ali-Imran: 26-27)


إلَهِيْ رَبِّيْ يَارَبَّنَ يَامَعْبُوْدَ، سُبْحَنَكَ 
(33X) سُبْحَنَ اللّه

Illahi rabbi ya rabbana ya ma'bud. Subhanaka… Subhanallah (33x)…
Artinya : "Ya Allah Ya Tuhanku Ya Pujaanku. Maha Suci Allah."


سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا أَبَدًا، أَلْحَمْدُلِلهِ
(33X) أَلْحَمْدُلِلهِ

Subhanallahu wabihamdihii daa’iman abadaa. Alhamdulillah… Alhamdulillah (33x)…
Artinya : "Maha Suci Allah dan puji-pujian selamanya. Alhamdulillah."


أَلْحَمْدُلِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ عَلَىٰ كُلِّ حَالٍ وَفِيْ كُلِّ حَالٍ وَ نِعْمَةٍ،أَللهُ أَكْبَرُ
(33X) أَللهُ أَكْبَرُ
Alhamdulillahirrabbil’alamin ‘ala kulli halliw wafi kulli halliw  wa ni’mah. Allahu akbar (33x)…
Artinya : "Puji syukur kehadirat Allah tuhan semesta alam, dalam masalah apapun nikmat Allah adalah yang terbesar. Allah Maha Besar."


أَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَلَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ، وَهُوَعَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
Allaahu akbar kabiiraw walhamdu lillaahi kasiiraw wa subhaanallaahi bukrataw wa ashilaa. Laa ilaha illallaahu wahdahu laa shariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiit wa huwa `alaa kulli shai in qodir. Wa ilaikal mashir. Wa laa haula wa la quwata illaa billaahil `aliyyil `aziim. Astaghfirullaahal`aziim.

Artinya: "Allah Mahabesar lagi sempurna kebesaran-Nya. Segala puji hanya bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah sepanjang pagi dan petang. Tidak ada tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memiliki kekuasaan dan bagi-Nyalah segala puji, Dialah Zat yang menghidupkan dan yang mematikan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. Dan tidak ada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Mahatinggi lagi Maha Mulia. Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha agung. Saya meminta pengampunan dari Allah SWT. "


أَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَامُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma laa maani’alima, a’thoita walaa mu’tiyalimaa, mana’ta walaa radda limaa, qoddaita walaa yamfa’u dzaljaddi mingkal jadd.

Artinya: "Ya Allah, Aku tidak keberatan dengan apa yang telah kuberikan, dan kepada siapa aku telah memberikan, aku tidak meminta balasan dari apa yang telah kulakukan, dan juga tidak memanfaatkan diriku darimu.""


أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ الْاُمِّيّ وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلَّمْ
Allahumma salli wasllim 'ala saidinaa muhammadin 'abdika warasulikannabiyyilummii wa'alaa aalihi wasahbihi wabaarik wasallam.

Artinya : "Ya Allah, berilah selawat sejahtera kepada penghulu kami Muhammad, hamba-Mu dan utusan-Mu Nabi yang Ummi (tidak boleh membaca) dan kepada keluarga baginda dan sahabat baginda beserta berkah sejahtera."


أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ كُلَّمَا ذَكَرَكَ الذَّاكِرُوْنَ وَغَفَلَ عَنْ ذِكْرِكَالْغَافِلُوْنَ
Allahumma shalli ‘ala muhammadin kullamaa dzakarakaz dzaakiruna wa ghafala ‘an dzikrikal ghaafilun. (Salawat Imam Syafi'i)

Artinya: "Ya Allah, limpakanlah shalawat atas Nabi kami, Nabi Muhammad, selama orang-orang yang ingat menyebut-Mu dan orang-orang yang lalai melupakan untuk menyebut-Mu." (Salawat Imam Syafi'i)


وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ سَادَتِنَا أَصْحَابِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ، وَحَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ، نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
Wasallim wa radhiyallahu ta'aala 'an saadaatinaa ash haabi rasuulillahi ajma-iin. Wa hasbunallah wa ni’mal wakil, Ni’mal maula wa ni’man nashir.  Wa laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyil 'azim. Astaghfirullaahal`aziim.

Artinya : "Dan semoga Allah Ta'ala memberikan kesejahteraan dan keridhoan kepada junjungan kami, yaitu sahabat rasulullah semuanya. Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami. Dan tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Saya meminta pengampunan dari Allah SWT. "


(2X) يَا لَطِيْفُ يَا كَافِيْ     يَا حَفِيْظُ يَا شَافِيْ
Yaa laathiifu yaa kaafii ... Yaa haafii zhuyaa shaafii... (2X)
Artinya: "Yang Maha Lembut, Maha Mencukupi, Maha Memelihara, Maha Penyembuh segala penyakit."


أَللهُ يَا لَطِيْفُ يَا وَافِيْ      أَللهُ يَاكَرِيْمُ أَنْتَ الله
Allah yaa laathiifu yaa waafii... Allahu yaa kaariimu ‘antaallaah...
Artinya: "Allah Yang Maha Lembut, Allah Maha Mencukupi lagi Maha Mulia."


يَاحُدَ       لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ       أَللهُ     لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
Yaa hud... Laa iilaa haaiillallaah... Allah... Laa iilaa haaiillallaah…
Artinya: "Yang satu... Tiada tuhan selain Allah... Allah... Tiada tuhan selain Allah..."


مَوْجُوْدَ       لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ       أَللهُ     لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
Maujud... Laa iilaa haaiillallaah... Allah... Laa iilaa haaiillallaah...
Artinya: "Wujud(Ada)... Tiada tuhan selain Allah... Allah... Tiada tuhan selain Allah..."


مَعْبُوْدَ       لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ       أَللهُ     لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
Ma'bud... Laa iilaa haaiillallaah... Allah... Laa iilaa haaiillallaah...
Artinya: "Disembah... Tiada tuhan selain Allah... Allah... Tiada tuhan selain Allah..."


مَشْهُوْدَ      لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ        أَللهُ     لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
Mashud... Laa iilaa haaiillallaah…Allah... Laa iilaa haaiillallaah...
Artinya: "Disaksi... Tiada tuhan selain Allah... Allah... Tiada tuhan selain Allah..."


عَظِيْمَ      لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ       دَائِمَ     لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ
’Azim... Laa iilaa haaiillallaah... Daaim... Laa iilaa haaiillallaah...
Artinya: "Maha Agung... Tiada tuhan selain Allah... Maha Kekal... Tiada tuhan selain Allah..."

لَااِلَهَ اِلَّااللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ كَلِمَةُ حَقٍّ عَلَيْهَا نَحْيَا وَعَلَيْهَا نَمُوْتُ وَبِهَا نُبْعَثُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى بِرَحْمَةِ اللهِ وَكَرَامِهِ مِنَ الْأَمِنِيْنَ
Laa ilaha illallaahu muhammadur rasuulullaahi shallallaahu 'alaihi wasallam, kalimatu haqqin 'alaihaa nahyaa wa'alaihaa namuutu wabihaa nub'atsu inshaa allaahu ta'aalaa birahmatillahi wakaraamihi minal aaminiin.

Artinya: "Tidak ada Tuhan kecuali Allah, Muhammad SAW adalah utusan Allah, yang dengan kalimat itu kami berpegang teguh dalam hidup, dan ketika kami mati. Dengan kalimat itu kami dihidupkan kembali, insha Allah dengan curahan rahmat dan kemuliaan-Nya, kami mendapat keamanan."

Bila ada kesalahan menulis dan menerjemahkan, mohon dikoreksi.

Bacaan doa akan menyusul di postingan berikutnya NEXT...

3 comments:

  1. Terimakasih ustadz, izin untuk mengamalkan nya, semog istiqomah dalam menyampaikan kebaikan bg sesama

    ReplyDelete
  2. Min saya sedang mencari arti bacaan wirid, mati kawa mida dakalima tikakulama.. Begitu kira kira, enak bgt di hati tapi saya belum tau artinya

    ReplyDelete