Pages

Monday 30 January 2017

Indomaret / Alphamart Mematikan Usaha Rakyat

Indomaret / Alphamart Mematikan Usaha Rakyat

Indomaret / Alphamart Mematikan Usaha Rakyat karena Indomaret / Alphamart telah merebut pasar tempat para usaha kecil rakyat untuk mencari nafkah. Contohnya di Kota Bengkulu ini banyaknya toko Indomaret / Alphamart bertenger di setiap jalan dengan berjarak hanya 1 kilometer, seakan-akan seluruh usaha market di Kota Bengkulu ini menjadi milik Indomaret / Alphamart. 

Pendirian usaha memang diperbolehkan dan tidak ada yang melarang. Akan tetapi, jika terlalu memonopoli dengan menguasai setiap sudut kota tentunya itu bukan persaingan yang sehat. Saya lihat banyak toko-toko pengecer dan warung rakyat yang jadi bangkrut dan tutup akibat kalah bersaing dengan Indomaret / Alphamart yang dikatakan lebih murah dan full AC dan diiming-imingi hadiah pula. 

Pemerintah seharusnya bertindak tegas kepada Indomaret / Alphamart yaitu dituntut dengan pasal monopoli dan persaingan tidak sehat yang mematikan usaha kecil maupun menengah rakyat. Dalam setiap kota maupun kabupaten seharusnya hanya diperbolehkan mendirikan satu saja Indomaret / Alphamart agar rakyat kecil bisa memiliki dan membangun usaha market sendiri.

Melihat dari Provinsi tetangga yaitu Provinsi Padang, tidak ada satupun Indomaret / Alphamart yang bercokol disana. Karena Pemerintah Provinsi Padang menolak izin berdirinya Indomaret / Alphamart dan lebih berfokus dengan menggalakan usaha rakyat. Memang kita tidak bisa melarang berdirinya suatu usaha, akan tetapi dengan membanjirnya toko Indomaret / Alphamart yang hanya berjarak 1 kilometer itu bisa menyebabkan rakyat bertambah susah. Ditambah lagi untuk mencari lapangan pekerjaan sekarang sangat sulit. Seperti kata pepatah : Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, begitulah kondisi rakyat sekarang ini. Sudahlah mencari pekerjaan sulit ditambah lagi lesunya usaha rakyat.

Created by : Blogkasihpunya.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment