Pages

Monday 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Mukomuko


Daftar tempat wisata di Kabupaten Mukomuko :

>Benteng Anna (Fort Anne)
Bangunan Benteng Anna peninggalan Inggris yang berada di Pantai Indah Mukomuko saat ini menyisakan puing-puing karena sebagai besar material batu bata benteng ini dicuri oknum tidak bertanggungjawab. Pemerintah pernah mengadakan sayembara berhadiah bagi warga yang bisa membuat gambar asli Benteng Anna. Tetapi sampai sekarang tidak ada warga yang bisa membuatnya.

>Masjid Jamik Al-Falah
Masjid Jamik Al-Falah terletak di jalan Jendral Sudirman Kelurahan Pasar Mukomuko Kecamatan Mukomuko. Masjid Al-Falah tidak terlepas dari sejarah budaya. Menurut cerita, masjid ini dibangun pada tahun 1669 pada masa Tuanku Gendamsyah Tuanku Gedang yang berkuasa di Mukomuko. Disebutkan pula bahwa tabuh (bedug) yang melengkapi masjid adalah kiriman dari Kerajaan Pagaruyung.

>Pantai Batung Badoro
Objek wisata Pantai Batung Bandoro adalah satu objek wisata andalan Kabupaten Mukomuko. Pantai ini sangat terkenal bagi masyarakat sumatra khususnya Bengkulu karena pantainya yang unik dan pemandangan yang sangat indah menjorok kearah laut. Di sepanjang pantai banyak sekali batu kecil yang menghiasi daratan pantai sehingga sering disebut pantai batu. Sangat eksotis sekali, beda dari pantai biasanya yang berupa pasir.

>Pantai Air Rami / Pantai Agam
Pantai Air Rami berada di wilayah Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko Propinsi Bengkulu. Letaknya berada tepat di pinggir jalan lintas barat (jalinbar) sumatera yang menghubungkan Propinsi Bengkulu dan Sumatera Barat dan merupakan gerbang masuk dari wilayah selatan ke Kabupaten Mukomuko.

>Pantai Indah Mukomuko
Pantai Indah Mukomuko merupakan salah satu objek wisata tujuan baik wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah, kelebihan pantai ini adalah cocok sebagai tujuan wisata keluarga karena pantai indah ini merupakan pantai yang aman dan sejuk. Lokasinya yang berdekatan dengan Benteng Anna membuatnya menjadi begitu ramai dikunjungi wisatawan. Terutama ketika hari sudah mulai senja dengan redupnya sinar matahari semakin terlihat kecantikan dari Pantai Indah Mukomuko.

>Pantai Batu Kumbang / Pantai Pulau Baru
Pantai Batu Kumbang di Desa Pulau Baru, Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. mengapa pantai desa ini dinamakan Pantai Batu Kumbang karena dahulunya di kawasan pantai itu terdapat 3 buah batu yang bentuknya seperti tungku dengan ukuran besar. Warna batu itu hitam kelam. "Kalau dulu batu itu masih bisa dilihat. Sayangnya sekarang ini karena cepatnya ancaman abrasi akhirnya batu itu sudah ada di tengah laut. Ir Soekarno juga pernah rehat di kawasan pantai ini. Sebab dulunya, jalan pertama yang membelah provinsi ini melalui Pantai Batu Kumbang.

>Pantai Air Punggur
Pantai Air Punggur di Desa Air Dikit. Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengubah status Pantai Air Punggur di sepanjang Jalan Lintas Sumatera yang telah dibangun pengaman dari abrasi pantai menjadi objek wisata baru di daerah itu.

>Pantai Abrasi Mukomuko (Tapi Lauik)
Pantai Abrasi Mukomuko menjadi tempat pariwisata yang cukup strategis. Pantai ini merupakan ide pemerintah untuk mengurangi kerusakan jalan oleh abrasi. Pantai abrasi ini biasanya dijadikan tempat untuk bersantai.

>Pantai Pandan Wangi
Pantai Pandan Wangi terdapat di Kab. Mukomuko di jalan lintas barat sumatra yaitu di daerah Air punggur kec. Mukomuko utara. Pantai ini merupakan pantai yang menurut kesamaannya tidak berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang cukup unik adalah adanya bebatuan yang ada di pantai yang lebih dekat dengan daratan. Tapi ketika mendekati bibir pantai justru berganti dengan pasit putih.

>Pantai Teluk Bakung
Pantai Teluk Bakung berada di Desa Teluk Bakung. Untuk menjangkau lokasi pantai ini warga di Kecamatan Pondok Suguh dan Kecamatan Sungai Rumbai melewati jalan masuk ke Desa Air Hitam. Pantai Teluk Bakung ini lebih bagus dibandingkan pantai lain di kabupaten ini seperti Pantai Batu Kumbang di Desa Pulau Baru. Selain itu, lanjutnya, pantai ini juga memiliki lokasi yang sangat datar dan pasir berwarna hitam yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai lain di daerah itu.

>Pantai Retak Ilir
Pantai Retak Ilir Kecamatan Ipuh Mukomuko. Selain memiliki pemandangan yang tidak kalah indah Pantai Desa Retak Ilir ini mempunyai potensi sebagai tempat konservasi penyu laut. Konservasi Penyu Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh Kab. Mukomuko dibuka pada Tahun 2007 oleh Kelompok Tani Penyu Lestari.

>Pantai Badri
Panorama keindahannya sungguh berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Mukomuko. Berjajarnya pohon cemara yang begitu rapi menjadi penyejuk ketika terik matahari terasa panas di pinggir Pantai Badri. Uniknya lagi ada semacam selokan yang cukup lebar yang berisi air tawar tepat berada di pinggir pohon cemara seakan seperti pembatas antara pantai dengan daratan. Tempat wisata di Bengkulu yang belum begitu ramai pengunjung ini tidak begitu jauh dari pusat Kota Mukomuko. Yang hanya berjarak 2 km saja.

>Pantai Padang Panaek
Awalnya Pantai Padang Panaek ini tidak begitu diperhatikan oleh Pemerintah. Tapi karena banyaknya masyarakat yang mengunjungi pantai tersebut di akhir minggu, akhirnya membuat Pemerintah mulai memperhatikan Pantai Padang Panaek. Lokasinya yang berada di Kecamatan Kota memiliki potensi yang sangat luar biasa. Apalagi pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan juga cukup lebar, sangat memungkin untuk diselenggarakannya berbagai event yang digelar di pinggiran pantai. Pantai bertabur pasir putih dan dihiasi pohon cemara menjadi spot yang nyaman untuk bersantai di pinggiran pantai. Yang cukup menarik di Pantai Padang Panaek adalah adanya perkebunan jarak, maka pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Kebun Jarak. Lokasi tempat wisata di Bengkulu ini tepatnya berada di Desa Pasar Sebelah, dan di Kecamatan Kota Mukomuko.

>Pantai Pasar Bantal / Pantai Rajaali
Pantai Rajaali Pasar Bantal terletak di Desa Pasar Bantal, Kabupaten Mukomuko. Di pantai ini cukup sering diadakan event-event hiburan yang mampu mendatangkan cukup banyak wisatawan. Selain menikmati keindahan pantai yang berada di Desa Pasar Bantal, wisatawan juga akan merasa terhibur dengan adanya event seperti pentas musik atau hiburan rakyat lainnya. Pantai Pasar Bantal juga memiliki pantai yang cukup indah dan tergolong cukup bersih, jadi membuat wisata sangat betah ketika berada di tempat wisata di Bengkulu ini. Aksesnya yang cukup mudah yang berada di Desa Pasar Bantal dan di wilayah Kecamatan Teramang Jaya.

>Pantai Air Hitam
Pantai Air Hitam di desa Air Hitam yang berada di kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko. Di desa ini terdapat pantai, yang menjadi habitat bagi sejumlah penyu.

>Pantai Umbul Selawe
Pantai Umbul Selawe di Desa Pelokan.

>Pantai Air Patah
Pantai Air Patah di Kelurahan Koto Jaya

>Pantai Teramang Jaya
Pantai Teramang Jaya di Kecamatan Teramang Jaya Kab.Mukomuko.

>Pantai Wisata Ipuh
Pantai Wisata Ipuh Sakti terletak di Desa Pasar Ipuh Kecamatan Ipuh.

>Pantai Bumi Mulya
Pantai Bumi Mulya di Desa Bumi Mulya Kecamatan Penarik.

>Pantai Mamadu Cinto
Pantai Mamadu Cinto di Kecamatan Kota Mukomuko.

>Pantai Air Bulu
Pantai Air Bulu di Kabupaten Mukomuko.

>Muara Lima Sungai
Lokasinya tidak begitu jauh dengan Pantai Retaik Ilir, Muara Lima Sungai ini memang bertemu dari kelima sungai yang ada di Kabupaten Mukomuko. Kebanyakan muara memang begitu panas seperti di pantai, tapi tidak ketika kamu mengunjungi Muara Lima Sungai. Tempat wisata di Bengkulu ini menawarkan kesejukan tiupan angin dan juga keindahan pohon cemara yang sayup-sayup melenggok-lenggok tertiup angin. Muara Lima Sungai ini juga menjadi spot terbaik untuk mencoba sensasi strike ikan-ikan muara. Sembari berteduh di bawah pohon cemara dan menikmati keindahaan alam sepertinya juga pas jika sambil memancing. Lokasinya berada di Desa Air Rami yang juga di dalam wilayah Kecamatan Air Rami.

>Muara Mukomuko
Spot terbaik untuk menghabiskan senja di Kabupaten Mukomuko adalah di Muara Mukomuko. Pesona senjanya begitu eksotis. Sinar kuning jingga sang matahari yang mulai meredup terpantul dari air Muara Mukomuko semakin terasa akan keindahannya. Cukup banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya hingga matahari tenggelam, ada juga juga yang mencoba mencari sensasi strike ikan-ikan muara yang lapar ketika hari mulai gelap. Tempat wisata di Bengkulu ini spot terbaik untuk dunia fotografi maupun selfie di Kabupaten Mukomuko.

>Bendungan Air Manjunto
Bendungan ini terletak di kawasan pertanian Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto yang merupakan kecamatan pemekaran dari Lubuk Pinang. Bendungan ini di bangun pada masa pemerintahan orde baru yang di resmikan langsung Presiden Soeharto tahun 1989.

>Bendungan Sungai Selagan
Bendungan ini terletak sekita 2 (dua) km. dari desa Lubuk Bangko Kecamatan selagan Raya kabupaten Mukomuko Bengkulu.

>Sungai Air Berau
Sungai Air Berau berjarak 30 Km dari Kota Mukomuko sangat cocok untuk wisata arung jeram, karena debit air deras dan penuh rintangan jika dijadikan lokasi arung jeram. Selain air sungai yang jernih, di tempat ini juga banyak terdapat spesies ikan. Wisatawan bisa melakukan kegiatan menangkap ikan. Di bagian hulu Sungai Air Berau terdapat air terjun dalam hutan perawan dan belum tersentuh masyarakat, sehingga para wisatawan dapat menikmati kesejukan alam.

>Sungai Desa Tunggang
Sajian yang sangat berbeda ketika kamu mengunjungi Hulu Sungai Desa Tunggang. Airnya yang sangat jernih bahkan dasar sungainya saja sampai terlihat dan juga bebatuan yang tertata begitu alami di pinggir sungai semakin mempercantik Sungai Desa Tunggang. Pepohonannya yang begitu rapat menjadi payung alami Sungai Desa Tunggang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk aktifitas menyusuri sungai atau arung jeram tapi arusnya tidak begitu deras. Lokasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi ini berada di Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh.

>Sungai Selagan
Lokasinya yang berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat membuatnya sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa membawa perahu karet sambil menikmati hutan lindung yang memiliki begitu banyak flora dan fauna di dalamnya. Airnya yang sangat jernih berbaur dengan bebatuan alam di pinggirnya begitu terlihat eksotis. apalagi di kelilingi perbukitan yang penuh dengan pepohonan nan hijau, semakin menyejukkan hati. Bersantai menyusuri sungai di atas perahu karet menjadi sangat menyenangkan untuk mengisi hari libur. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Kecamatan Selagan Raya tepatnya di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

>Danau Nibung
Danau yang terletak di Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko, ini memiliki kekayaan yang begitu melimpah. Lokasi objek wisata ini mudah di jangkau dan hanya berjarak 5 Km dari Kota Mukomuko. Sesampai di lokasi Danau Nibung kita akan di sambut oleh panorama alam perbukitan dengan dikelilingi oleh hutan tropis sebagai pemandangan utamanya. Keindahan alam ini membuat kita semakin terpukau akan keindahan Danau Nibung.

>Danau Lebar
Danau Lebar terletak diantara dua desa, yakni Desa Tanah Harapan, Kecamatan Kota Mukomuko, dan satuan pemukiman IV Desa Setiabudi, Kecamatan Teras Terunjam. Danau ini di jadikan oleh Pemda sebagai Reboisasi Hutan Bakau untuk mewujudkan penghijauan Karena Kabupaten Mukomuko yang terletak di pinggir kawasan pantai barat Bengkulu, sangat rawan ancaman abrasi laut dan banjir dari beberapa anak sungai di wilayah itu.

>Danau Telaga Biru
yang terletak di wilayah Kabupaten Mukomuko, tepatnya di Desa Air Dikit, Kecamatan Air Dikit Kabupaten Mukomuko yang berjarak  251 Km dari ibu kota Provinsi Bengkulu. Nama Pantai Telaga Biru diambil dari nuansa keindahan pantai itu sendiri, karena dipinggir pantai tersebut terdapat sebuah danau yang indah dengan warna airnya yang biru.

>Danau Bai
Sangat berbeda jika dibandingkan dengan Danau Lebar atau Danau Nibung. Dilihat dari luasnya Danau Bai Malin Deman memang jauh lebih kecil. Meskipun lebih kecil tapi danau ini memiliki banyak keistimewaan, seperti tidak pernah kering meskipun kemarau panjang, dan juga bisa dijadikan sebagai obat yang sangat mujarab bagi berbagai macam penyakit. Kata masyarakat setempat, asal niatnya baik dan ingin sembuh, dan dibarengi dengan doa niscaya akan sembuh. Itulah keistimewaan dari tempat wisata di Bengkulu ini. Selain itu pesona keasrian almnya masih sangat terjaga, seperti banyaknya pepohonan yang rindang di area danau. Lokasinya berada di Desa Talang Arah, yang masih di dalam Kecamatan Malin Deman.

>Danau Teratai Indah
Danau Teratai Indah belum dikembangkan, cocok sebagai tujuan wisata keluarga karena danaunya yang indah dan sejuk.

>Danau Talang Petai
Danau Talang Petai adalah desa yang berada di kecamatan V Koto, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

>Danau Talang Sepakat
Danau Talang Sepakat di Talang Sepakat, V Koto, Mukomuko.

>Lubuk Muheng
Nyaris tidak tersentuh tangan-tangan manusia menjadikan Lubuk Muheng yang memiliki air terjun dua tingkat ini tampak begitu alami. Hal ini karena kondisi jalannya yang teramat buruk yang membuat para traveler ogah mengunjunginya, selain itu lokasinya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Pesona alamnya begitu mempesona, begitu juga dengan eksotisme air terjun dan juga airnya yang begitu jernih yang mengalir langsung ke sungai. Sangat bagus sekali jika kamu membawa perahu karet untuk menyusuri sungai. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Lubuk Talang, dan masih di wilayah Kecamatan Malin Deman.

>Air Terjun Mandi Angin
Air Terjun Mandi Angin yang terletak di Desa Air Berau, Kec. Pondok Suguh,  Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Nama ini diambil  suasana sensasi berada di bawah permukaan air terjun tersebut, karena apabila  pengunjung akan merasakan sensasi hembusan angin yang bercampur dengan derasnya kucuran Air terjun yang jatuh mengalir.

>Air Terjun Stikiay
Air Terjun Stikiay terletak di Desa Lubuk Silandak  Kecamatan Teramang Jaya. Untuk menuju Air Terjun Stikiay kita harus pergi ke Desa Lubuk Silandak, Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

>Air Terjun Sendang Mulya
Objek wisata air terjun dengan ketinggian 25 meter di Desa Sendang Mulya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini membutuhkan fasilitas jalan agar mudah dikunjungi oleh wisatawan dari dan luar daerah ini. Air terjun di Desa Sedang Mulya belum tergali hingga saat ini sebab tidak ada jalan menuju lokasi, baik mengunakan mobil maupun motor.

>Air Terjun Penarik
Ternyata Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di SP 2 Penarik terdapat air terjun yang pesonanya dapat memanjakan mata pengujung. Ketinggian air terjun tersebut memang tidak terlalu tinggi, hanya sektar 8 meter. Justru itu menjadi daya tarik sendiri, tubuh langsung bisa merasakan jatuhnya air terjun.

>Air Terjun Singkai
Air Terjun Singkai di SP4 Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko. Ketinggian air terjun yang menjulang sekitar 80 meter. Jalurnya cukup ekstrim berupa tanjakan, turunan yang curam dan menyeberang sungai.

>Air Terjun Layang-Layang Batu Ejung
Air Terjun Lalayang terletak di Desa Bunga Tanjung dan desa pemekarannya Batu Ejung dengan jarak dari desa sekitar 5 km, Oleh warga setempat air terjun ini dinamakan dengan Telun Layang. Telun artinya air terjun Lalayang adalah burung sekuriti sejenis walet. Disamping air terjun ini terdapat sebuah gua yang cukup besar, disini awalnya tempat berkembang biaknya burung ini. air terjun dengan ketinggian 16 meter di hiasi dua batu raksasa di depannya.

>Air Terjun Sungai Turun / Air Terjun Lubuk Bangko
Desak kagum sangat terlihat di raut wajah setiap wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Sungai Turun, atau Air Terjun Lubuk Bangko karena lokasinya yang berada di Desa Lubuk Bangko, dan masuk di Kecamatan Selagan Raya. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua dari Desa Lubuk Bangko. Cuma untuk merasakan kesegaran dan kenikmatan mandi di bawah air terjun dengan ketinggian 25 meter ini harus melalui jalan setapak dan harus ekstra hati-hati. Pepohonan yang sangat rimbun seakan menjadi payung alami untuk aliran air dari Air Terjun Sungai Turun.

>Air Terjun Sri
Air Terjun Sri Lubuk Pinang di Kec. Lubuk Pinang, Kab. Mukomuko.

>Air Terjun Sungai Bungin
Air Terjun Sungai Bungin Teras Terunjam

>Air Terjun Talang Baru
Air Terjun Talang Baru di daerah pedalaman desa talang baru kecamatan Ipuh kab mukomuko.

>Air Terjun Talang Buai
Air Terjun Talang Buai ini terletak di desa Talang Buai kec. Selagan Raya Kab. Mukomuko.

>Air Terjun Sungai Sikai
Air Terjun Sungai Sikai di desa Lubuk Silandak Kecamatan Teramang Jaya Kab. Mukomuko.

>Air Terjun Tunggal Jaya
Air Terjun Tunggal Jaya di Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko.

>Air Terjun Setia Budi
Air Terjun Setia Budi di Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko.

>Napal Kasur
Napal Kasur di Kec. Lubuk Pinang, Kab. Mukomuko.

>Air Panas Malin Deman
Objek wisata air panas di Divisi VII PT Alno Agro Air Ikan Desa Serambi Baru Kecamatan Malin Deman, Objek wisata air panas yang berjarak sekitar 25 KM dari Kecamatan Ipuh dengan memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan, dengan kondisi jalan masih batu koral disertai tanah kuning bercampur lumpur.

>Batu Takup
Salah satu destinasi wisata yang syarat akan cerita legenda seorang pria yang berpoligami, akan tetapi istri yang pertama meninggalkannya lalu bunuh diri tepat di atas Batu Takup yang kini ramai dikunjungi wisatawan. Batu besar yang hampir diselimuti oleh lumut hijau ini ada sebagian masyarakat yang meyakininya memiliki aura mistis. Lepas dari cerita legenda dan syarat mistis Batu Takup cukup menyedot perhatian wisatawan, dan tak jarang wisatawan yang datang sembari berdoa. Lokasinya berada di Talang Arah, yang masih di dalam Kecamatan Malin Deman.

>Prasasti Berparas Sampan
Prasasti Berparas Sampan di Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko.

>Prasasti Batu Bentuk Buaya
Prasasti Batu Bentuk Buaya di Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko.

>Pulau Cinta Ujung Padang
Pulau Cinta yang terletak di Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko.

>Taman Teratai Ujung Padang
Taman Teratai yang terletak di Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko.

>Makam-Makam Kuno
Makam-makam kuno para raja dan syekh tersebar di Kabupaten Mukomuko.

>Ranah Air Selagan
Ranah Air Selagan di Desa Sei Ipuh Kabupaten Mukomuko.

>Perbukitan Gunung Muncung
Perbukitan Gunung Muncung di Desa Sei Ipuh Kabupaten Mukomuko.

>Teluk Semudung
Teluk Semudung terletak di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Teramang Jaya.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


2 comments: