Pages

Friday 25 November 2016

Arti Lambang dan Berdirinya Kabupaten Mukomuko

Lambang Kabupaten Bengkulu Utara


Arti Lambang :

Lambang Terdiri dari 8 (delapan) citra sebagai berikut :
  1. Tameng : Tameng (perisai) mewadahi semua unsur yang menjadi isi lambang. Berbentuk perisai poligon kurva dengan bagian atas cembung. Perisai terdiri  dari bidang berwarna putih dengan garis bingkai (outline) hitam. Pada bagian atas terdapat tulisan "KABUPATEN MUKOMUKO" warna putih dengan huruf (font) Impact.
  2. Bintang : Bintang adalah citra bintang bersegi  lima, berwarna putih dengan outline kuning.
  3. Padi dan Kapas : Citra padi terdiri dari 25 (dua puluh lima) bulir dengan warna bulir adalah gradasi antara coklat dengan kuning. Sedangkan citra kapas juga terdiri dari 25 (dua puluh lima) buah, dengan warna kapas putih dan hitam.
  4. Sungai : Sungai terdiri dari dua buah yang terletak secara simetris, berwarna biru. 
  5. Laut : Laut adalah tiga gelombang tebal berwarna biru. 
  6. Tiga Bidang dimensi : Tiga Bidang dimensi adalah gabungan tiga buah citra yang berbentuk  perisai, masing-masing berwarna hitam pada bagian kiri, merah pada bagian atas, dan kuning pada bagian kanan.
  7. Carano : Carano (tempat sirih) berwarna gradasi  abu-abu  dan putih.
  8. Semboyan : Semboyan terdiri dari pita berwarna biru dengan outline putih, dengan tulisan "KAPUANG SAKTI RATAU BATUAH" berwarna putih dengan font Berthold.

Motto Kabupaten Mukomuko :

"KAPUANG SAKTI RATAU BATUAH"


Berdirinya Kabupaten Mukomuko :

Kabupaten Mukomuko berdiri dengan dasar UU RI Nomor 3 Tahun 2003, tanggal 25 Februari 2003. Pembentukan Mukomuko sebagai kabupaten terpisah dari induknya yakni Bengkulu Utara dilandasi berbagai pertimbangan strategis yang bermuara pada pengembangan wilayah dan optimalisasi pembangunan daerah.

Kabupaten ini dibentuk atas ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta motivasi untuk membangun daerah. Adapun UU RI Nomor 3 Tahun 2003 sebagai dasar hukum berdirinya Kabupaten Mukomuko.



No comments:

Post a Comment