Pages

Friday, 9 December 2016

Suku Mukomuko Bengkulu


Suku Mukomuko, adalah suatu komunitas suku yang pemukimannya berada di bagian paling utara di wilayah provinsi Bengkulu. Daerah pemukiman suku Mukomuko ini di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat dan daerah Kerinci provinsi Jambi. 

Bahasa yang diucapkan oleh suku Mukomuko ini adalah bahasa Mukomuko. Oleh para peneliti bahasa, bahasa Mukomuko ini dianggap sebagai bagian dari dialek bahasa Minangkabau, karena terdapat beberapa kemiripan dengan bahasa Minangkabau. Sebenarnya selain mirip dengan bahasa Minangkabau, bahasa Mukomuko ini juga sangat berkerabat dengan bahasa Rejang, karena hampir 60% mirip dengan bahasa Rejang. Sedangkan terdapatnya dialek Minangkabau pada bahasa Mukomuko ini diperkirakan dialek ini dibawa oleh para pendatang Minangkabau pada masa lalu yang hidup berbaur dengan masyarakat setempat, dan secara tidak langsung membawa pengaruh ke dalam bahasa asli suku Mukomuko ini. Jadi bahasa Mukomuko ini kemungkinan merupakan hasil asimilasi antara bahasa Rejang dengan bahasa Minangkabau serta dengan bahasa Melayu setempat.

Sedangkan adat istiadat dan budaya suku Mukomuko ini juga tidak jauh berbeda dengan budaya suku Rejang, serta memiliki kemiripan dengan budaya suku Serawai dan suku Komering. Selain itu terdapat juga kemiripan dengan budaya suku Minangkabau. Salah satu budaya kesenian mereka yang terkenal adalah kesenian Gandai, yang mirip dengan kesenian Randai dari Sumatra Barat.

Bahasa Muko-Muko termasuk rumpun bahasa Melayu, tetapi mengalami perubahan khusus. Cirinya antara lain pemakaian bunyi sengau "ng" di belakang kata yang diakhiri dengan vokal, contohnya kunci menjadi kuncing, kopi menjadi koping, telinga menjadi telingow, pintu menjadi pintung.

Sumber :




2 comments: