Pages

Monday 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Seluma


Daftar tempat wisata di Kabupaten Seluma :

>Taman Buru Nasional Semidang Bukit Kabu
Kawasan Semidang Bukit Kabu merupakan Taman Buru Nasional yang mempunyai luas sekitar 15.300 Ha, yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian. Di kawasan ini masih banyak terdapat satwa langka yang dilindungi, seperti : harimau sumatera, rusa, menjangan, babi hutan dan berbagai jenis hewan langka lainnya.

>Pantai Muara Kungkai
Pantai Muara Kungkai di Kecamatan Air Periukan, desa Kungkai ± 8 km dari jalan lintas Bengkulu-Tais, dan sangat terkenal sebagai lokasi tempat memancing ikan. Memilki pantai yang landai dengan pasir putih yang membentang, serta kawasan muara sungai yang luas.

>Pantai Muara Ngalam
Pantai Muara Ngalam di Kecamatan Air Periukan, desa Ngalam ± 11 km dari jalan lintas Bengkulu-Tais. Memiliki pantai yang landai dengan pasir putih yang membentang sepanjang ± 3 km sampai ke muara Sungai Air Ngalam.

>Pantai Seluma
Objek wisata Pantai Seluma terletak di Desa Pasar Seluma, ± 12 Km dari pusat Kota Tais. Sangat terkenal karena pantainya yang landai, dengan pasir putih yang luas membentang serta ombaknya yang bervariasi. Memanjang dari muara Sungai Seluma ke arah selatan dan sangat cocok bila dikembangkan menjadi lokasi olahraga selancar (surfing) dan memancing. Pantai Seluma merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Seluma.

>Pantai Penago
Pantai Penago di Desa Penago, Kecamatan Ilir Talo tentunya tak kalah indah dan eksotis dibanding wilayah wisata pantai di daerah lain. Sama halnya dengan wilayah wisata lain, pantai ini menjadi pusat hiburan wisata saat hari libur. Merupakan rangkaian panjang dari lokasi pantai Penago baru yang berakhir di Muara Sungai Talo dan merupakan areal cagar alam dengan hutan pantai yang indah dan alami.

>Pantai Pasar Talo
Deburan Ombak yang menggelegar menyambut kedatangan kita saat menghampiri pantai Talo, Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Bengkulu.

>Pantai Rawa Indah
Lokasi Pantai Rawa Indah berada di Desa Rawa Indah, dan di dalam wilayah Kecamatan Ilir Talo, tidak begitu jauh dari pusat Kota Tais yang hanya 2 km dan didukung aksesnya yang cukup mudah dan dekat dengan pedesaan. Cukup difavoritkan bagi wisatawan lokal atau luar Kabupaten Seluma. Di tempat wisata di Bengkulu ini cukup banyak wisatawan yang datang terkadang hanya ingin sekedar memancing yang katanya memang banyak ikan besar yang menghuni Pantai Rawa Indah. wisatawan juga bisa bersantai atau bermain di pantainya yang begitu luas sembari menunggu sang matahari terbenang.

>Pantai Tedunan
Yang paling menarik di Pantai Tedunan adalah banyak pohon cemara yang tumbuh di pinggiran pantai, mungkin lebih cocok dikatan sebagai hutan cemara. Sisi lainnya yang tidak kalah menariknya adalah adanya muara di samping hutan muara, yang biasanya dijadikan spot untuk memancing ikan muara. Jadi kamu bisa bersantai di bawah pohon cemara tanpa harus kepanasan dan menikmati dua obyek wisata yang berbeda, mulai dari Pantai Tedunan maupun Muara di Pantai Tedunan. Tempat wisata di Bengkulu ini diharapkan memang menjadi andalan dan mampu menggaet lebih banyak lagi wisatawan. Lokasinya sendiri berada di Desa Tedunan, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Semidang Alas Maras.

>Pantai Ketapang Baru
Pantai Ketapang Baru di kecamatan Semindang Alas Maras. Memilki pantai yang indah dengan pasir putih yang membentang luas. Menjadi tempat pariwisata di sepanjang jalan lintas barat Sumatra.

>Pantai Ancol
Pantai Ancol berlokasi sangat dekat dengan jalan utama Tais - Manna, dengan pemandangan alam yang sangat mempesona dan pantai yang eksotis. terletak di Desa Ketapang Baru Kecamatan Semidang Alas Maras.

>Pantai Muara Maras
Pantai Muara Maras merupakan objek wisata pantai yang berada di Desa Muara Maras, Kecamatan Semidang Alas Maras. wilayah paling selatan Kabupaten Seluma. Menjadi tempat persinggahan dan peristirahatan bagi yang bepergian sepanjang jalan lintas barat Sumatra.

>Susur Goa Resam
Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara memiliki potensi yang bagus untuk kawasan wisata alam maupun kegiatan untuk aktivitas kelompok pecinta alam. Potensi itu didukung dengan adanya aset hutan lindung register 37 Bukit Sanggul, arus deras Sungai Seluma, goa besar di Bukit Gasing, dan kondisi alam yang mendukung lainnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

>Goa Kecik
Lokasinya yang berada di desa wisata Lubuk Resam cukup sering dikunjungi wisatawan, meskipun masih kalah panjang dengan Goa Lubuk Resam atau Goa Agung, tapi Goa Kecik memiliki pesonanya sendiri. Seperti lorong bagian goa ada yang menyempit dan ada pula yang membesar dan cukup luar. Dan tempat wisata di Bengkulu ini memang menjadi surganya para pecinta caving atau kegiatan menyusuri goa. Akan tetapi memikirkan keselamatan dan juga membawa perlengkapan yang lengkap menjadi hal yang sangat wajib jika ingin menyusuri Goa Kecik.

>Bendungan Seluma
Salah satu tempat wisata unggulan Kabupaten Seluma adalah Bendungan Air Seluma, merupakan sebuah besar yang dibangun untuk mengairi persawahan penduduk sepanjang aliran Sungai Seluma. Menjadi kawasan wisata yang menarik karena terletak dekat dengan pusat Kota Tais serta arealnya yang luas dan rindang dan menjadi ikon Kota Tais. Bendungan ini terletak di Jalan Bendungan Hulu di perbatasan antara Desa Lubuk Lintang, Desa Lubuk Kebur Kecamatan Seluma Kota, Kabupaten Seluma.

>Bendungan Sungai Alas
Bendungan Sungai Alas di Desa Pajar bulan Kecamatan Semindang Alas, merupakan irigasi untuk persawahan masyarakat. Lingkungan yang masih alami dan rindang menambah sejuk suasana.

>Sungai Seluma
Wisata Arung Jeram di Hulu Sungai Seluma. Batu-batu besar, alur sungai yang sempit dan deras serta berbagai macam tantangan dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya Hulu Sungai Seluma di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma.

>Sungai Desa Lubuk Gadis
Hampir setiap sungai yang ada di Kabupaten Seluma memiliki pesona yang sangat indah di lokasi yang mendekati hulu sungainya. Dan salah satunya adalah Sungai Desa Lubuk Gadis, airnya yang sangat jernih berpadu dengan pasir sungai yang hampir mirip pasir pantai dan dihiasi pepohonan nan hijau menjadikannya tempat liburan yang cukup eksotis. Aktifitas seperti menyusuri sungai atau hanya sekedar berendam dan berenang menjadi hal yang menyenangkan di tempat wisata di Bengkulu ini. Memang masih belum banyak yang datang ke Sungai Desa Lubuk Gadis, jadi keasrian alamnya masih benar-benar terjaga. Lokasinya berada di Desa Lubuk Gadis dan di Kecamtan Talo, untuk menuju kesana aksesnya juga cukup mudah.

>Wisata Alam Cemoro Sewu
Wisata Alam Cemoro Sewu terdapat di Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan. masuk dalam wilayah konservasi hutan.

>Suban Giri Nanto
Suban Giri Nanto berlokasi di antara Desa Giri Nanto dan Pagar Banyu Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma, dimana terdapat sumber mata air panas dan mengandung belerang (sulfur).

>Suban Lubuk Resam
Ada satu lokasi terletak di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma, dimana air sungai yang mengalir mempunyai sumber mata air panas dan mengandung belerang (sulfur). Memiliki mata air yang besar letak di tengah-tengah sawah penduduk.

>Cagar Budaya Padang Pariangan
Situs ini terletak di Desa Selinsingan Seluma Utara, berjarak ± 10 km dari ibukota kabupaten. Situs ini konon kabarnya merupakan maqam dari saudara puyang Serunting yang dianggap memiliki kesaktian, sehingga tapak/maqam tersebut dianggap keramat.

>Cagar Budaya Gerincing
Gerincing adalah tempat dimana terdapat maqam puyang Serunting beserta istrinya yang terletak di perbukitan terjal di Desa Rantau Panjang Kecamatan Semidang Alas, ± 2 km dari ibukota kecamatan, untuk menuju tempat tersebut harus melalui penyebrangan sungai alas dengan menggunakan rakit bambu.

>Cagar Budaya Puyang Penjago
Makam Puyang Penjaga terletak di Desa Gunung Mesir Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma, ± 3 km dari ibukota kecamatan dan ± 50 km dari ibukota kabupaten. Makam tersebut merupakan salah satu wisata budaya yang ada di Kabupaten Seluma dan mudah dikunjungi.

>Meriam Kuno
Meriam tersebut terletak di Kecamatan Semidang Alas Desa Rantau Panjang, konon katanya berhubungan dengan situs Cagar Budaya Gerincing.

>Air Terjun Batu Bekinyau (Batu Berkilau)
Salah satu objek wisata yang ditawarkan Kabupaten Seluma adalah objek wisata Batu Bekinyau, nama yang aneh bukan? dinamakan Batu Bekinyau karena sesuai dengan namanya “Bekinyau” yang berarti memantulkan cahaya. Objek wisata ini terletak di Desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, 1 jam perjalanan dari Kota Bengkulu.

>Air Terjun Lubuk Resam
Wisata Air Terjun Lubuk Resam dengan keaslian alam yang masih terjaga ini Terletak ± 35 Km dari pusat kota kabupaten, tepatnya di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdiri dari 5 baris air terjun pada satu dinding karang dengan ketinggian ± 70 m, namun pada musim kemarau hanya 2 air terjun yang tetap mengalirkan air yang seolah-olah membentuk untaian selendang dari puncak perbukitan.

>Air Terjun Air Melancar
Air Terjun Air Melancar terdiri dari 3 tingkatan. Terletak di Desa Air Melancar, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma. Berjarak ± 50 Km dari pusat kota Kabupaten Seluma. Air terjun ini cukup menarik dengan keindahan alam panorama yang unik berupa air terjun bertingkat serta aneka flora dan fauna langka.

>Air Terjun Blok A dan B
Air Terjun yang terletak di pelosok desa bernama Kuti Agung yang masuk ke dalam Kabupaten Seluma, Kecamatan Sukaraja lebih tepatnya desa ini adalah desa perbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

>Air Terjun Palua Ijang
Air Terjun Palua Ijang terletak di Kecamatan Seluma Utara ± 4 km ke arah utara sampai di daerah petalangan Dusun Palua Ijang. Dari petalangan tersebut hanya berjalan ± 6 menit kearah barat. Air terjun ini terdiri dari Air Terjun Balo Pucuak yang memiliki ketinggian sekitar ± 22 m, Balo Bawah memiliki ketinggian sekitar ± 11 m dan pemandian Bagindo Raso.

>Air Terjun 52
Airnya yang cukup deras memecah keheningan di perkebunan miliki PTPN 7 yang berada di wilayah Kecamatan Sukaraja. Alirannya cukup deras dengan ketinggian sekitar 5 meter memenuhi kolam di bawahnya dengan air yang sangat jernih. Wisatawan akan merasa dimanjakan ketika mengunjungi Air Terjun 52. Rindangnya pepohonan yang tumbuh di kanan kiri kolam semakin membuat kolam air terjun semakin teduh. Untuk menuju ke tempat wisata di Bengkulu ini memang kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu yang memakan waktu beberapa menit saja.

>Air Terjun 56
Meski cukup tinggi Air Terjun 56 ini cukup landai yang memungkinkan wisatawan untuk mendakinya hingga paling atas air terjun, tapi tetap harus berhati-hati karena cukup licin. Yang cukup menarik adalah kolam alami di bawahnya yang begitu luas dengan kedalaman sedang bisa buat berenang sepuasnya. Ornamen bebatuan alam menjadi hiasan yang makin mempercantik Air Terjun 56. Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini kamu juga harus melewati perkebunan karet milik PTPN yang cukup menyejukkan di mata. Lokasi tepatnya berada di Desa Padang Pelawi yang masih masuk di dalam Kecamatan Sukaraja.

>Air Terjun Bukit Gadis
Sebenarnya hanya seperti patahan sungai yang akhirnya membentuk air terjun yang cukup eksotis. Meski tingginya tidak sampai 2 meter tapi air terjun yang juga dinamakan sebagai Air Terjun 53 cukup lebar dengan kolamnya juga lebar. Siapapun yang datang ke Air Terjun Bukit Gadis sudah tidak sabar kepingin nyebur. Yang membuat tempat wisata di Bengkulu ini semakin eksotis adalah bebatuannya yang berwarna hitam mirip batu granit dengan ornamen alaminya semakin terlihat begitu cantik mempesona. Lokasi air terjun ini juga berada di tengah perkebunan karet milik PTPN yang masih berada di dalam wilayah Kecamatan Sukaraja.

>Air Terjun Curug 3
Air Terjun Curug 3 yang berada di Desa Napal Jungur Kecamatan Lubuk Sandi. Meskipun cukup dekat dan mudah dijangkau, tapi lokasi Air Terjun Curug 3 ini tersembunyi di antara pepohonan yang menjulang tinggi. Sudah pasti suasana yang sejuk dan tenang akan kamu rasakan ketika berada di Air Terjun Curug 3. Di tempat wisata di Bengkulu ini tidak hanya ada satu air terjun saja, tapi jarak beberapa meter di bawahnya juga ada air terjun lagi yang sama-sama memiliki kolam pemandian di bawahnya. Ada dua alternatif jalan menuju ke air terjun, bisa menggunakan jalur darat melewati pepohonan yang rindang atau menyusuri sungai yang sangat jernih airnya. Benar-benar menjanjikan pengalaman wisata yang berbeda.

>Air Terjun Napal Jungur
Karena lokasinya berada di Desa Napal Jungur, dinamakan Air Terjun Napal Jungur. Untuk menuju lokasi air terjun yang memiliki kolam alami ini kamu harus melewati perkebunan karet yang cukup rimbun. Menjadi pemandangan yang berbeda sebelum sampai di tempat wisata di Bengkulu ini. Ketika kamu sudah sampai kamu akan disuguhi kolam alami yang airnya berwarna kebiruan yang bakal membuat kamu tidak sabar untuk cepat-cepat nyebur, meskipun air terjunnya tidak tinggi tapi airnya cukup deras dan juga kolamnya tergolong cukup luas. Selfieable sudah pasti banget, background airnya yang kebiruan akan menghiasi akun sosmed kamu nantinya. Lokasinya terletak di Desa Napal Jungur dan berada di Kecamatan Lubuk Sandi.

>Air Terjun Puguk
Benar-benar pemandian alam yang begitu sempurna, derasnya aliran dari air terjun yang bertingkat ini memenuhi kolam yang cukup luas di bawahnya. Kamu bisa saja bersantai menikmati guyuran air terjun sembari duduk diundakan tepat di bawah air terjun, sembari merasakan shower alami yang tiada henti. Kolamnya yang luas siap menampung wisatawan yang ingin berenang di antara bebatuan yang mengelilingi. Pepohonan yang rindang bak payung alami yang membuat teduh air terjun dan juga kolam pemandiannya. Selain itu masih ada satu air terjun lagi yang lokasinya tidak begitu jauh yang juga masih begitu alami. Tempat wisata di Bengkulu ini berada di Desa Puguk, Seluma Utara yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tais.

>Air Terjun Tasik
Lokasinya berada di Desa Talang Sebaris, Kecamatan Air Periukan bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan yang hanya beberapa menit saja dari Desa Sukaraja. Selama perjalanan kamu akan disuguhi perkebunan karet milik PTPN dan yang pasti perjalanan kamu tidak akan membosankan. Air Terjun Talang Sebaris ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 15 hingga 20 meter yang terdiri dari beberapa tingkatan. Tapi tetap memungkinkan kamu mendaki hingga paling atas, sepertinya cukup keren buat selfie. Airnya yang cukup deras mengalir ke sungai di bawahnya yang sangat cukup untuk berendam dan menyejukkan badan yang cukup panas dalam perjalanan. Tempat wisata di Bengkulu ini potensinya cukup luar biasa, tapi karena kurangnya informasi masih banyak traveler yang kurang tahu destinasi wisata Air Terjun Talang Sebaris ini.

>Air Terjun Kroya
Air Terjun Kroya di Kecamatan Sukaraja desa Kroya. Air terjun kroya terletak di kec sukaraja kab Seluma provinsi Bengkulu, air terjun ini sangat Indah dgn panorama alam yang masih alami.

>Air Terjun Cughup Embun
Air Terjun Cughup Embun di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara.

>Air Terjun Simpur Besar
Air Terjun Simpur Besar di Desa Giri Nato Kecamatan Ulu Talo.

 >Air Terjun Gunjingan
Air Terjun Gunjingan di Pagar Pagar Ulu Talo.

>Air Terjun Mentangur

>Air Terjun Suruman

>Air Terjun Curug 57
Air Terjun Curug 57 terletak di PTPN 7  Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


5 comments:

  1. masih ada lagi air terjun nya air terjun 57 letaknya di ptpn7 tempat nya eksotis banget

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu untuk menuju lokasi wisata di kab. Seluma.
    Tapi tolong tambahin foto dan akses menuju lokasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fotonya mungkin bisa cari di internet, kalau akses lokasi mungkin bisa pakai google map ^.^

      Delete
  3. Info ini sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete