Pages

Monday, 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Lebong


Daftar tempat wisata di Kabupaten Lebong :

>Wisata Danau Tes
Objek Wisata Danau Tes merupakan tempat wisata sekaligus menjadi Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bengkulu. Luas objek wisata Danau Tes 750 Ha jarak tempuh-nya 25 Km dari ibu kota kabupaten dapat di tempuh dengan kendaraan umum. Danau Tes telah tersentuh oleh Penataan Pembangunan.

>Sumber Air Panas Desa Tes
Luas Areal 1 Ha belum dikembangkan.

>Wisata Danau Picung
Objek Wisata Air Picung Lebong merupakan tempat Wisata Danau Alami, terletak disebelah Utara Kota Muara Aman dengan jarak ± 5 Km. Untuk mencapai daerah ini butuh 4-5 jam perjalanan darat dari Bandara Fatmawati Bengkulu.

>Objek Wisata Alam Lobang Kacamata
Lobang Kaca Mata merupakan lokasi penambangan emas peninggalan Belanda, yang meninggalkan lobang seperti goa dengan bentuk yang tidak beraturan. Ada tiga buah lobang yang menembus goa dengan diameter sekitar 2 meter, posisi lobang dari dasar yaitu sekitar 4 meter.

>Air Putih
Objek wisata Air Putih juga merupakan objek wisata andalan bagi Kabupaten Lebong. Objek wisata yang daya tariknya berupa air panas alam yang terletak tidak jauh dari jalan raya. Terdapat dua sumber mata air yaitu air dingin dan air panas yang mengalir  ke satu sungai.

>Objek Wisata Air Panas
Terletak di desa Karang Dapo Kecamatan Lebong Selatan ± 54 Km dari Ibu Kota Kabupaten, dapat ditempuh dengan kendaraan Ada kolam pemandian dengan keindahan Panorama Alam.

>Danau Lupang
Terletak di Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan jarak tempuhnya 6 Km dari Ibu Kota Kecamatan, Sarana yang dimiliki jalan setapak mempunyai Panorama Alam yang indah luas Danau Lupang ± 5 Ha belum tersentuh pengembangan Pembangunan.

>Gunung Belerang
Terletak di Kelurahan Mubai ± 6 Km dari Ibu Kota Kelurahan ± 9 Km dari Ibu Kota Kecamatan mempunyai keindahan Panorama Alam.

>Sumber Air Panas Turan Lalang
Luas Area 0, 5 Ha masih alami terletak di Desa Turan Lalang.

>Wisata Air Paliak
Sama halnya dengan Sumber air panas Air Putih, Air Paliak merupakan tempat wisata alami yang sangat menarik. Akan tetapi di Air Paliak suasana pegunungannya sangat terasa karena memang terdapat di daerah pegunungan.

>Danau Blue
Terletak di Desa Mubai Luasnya ± 2 Km belum dikembangkan mempunyai pemandangan yang indah dan alami, airnya jernih kebiru-biruan.

>Sungai Ketahun
Terletak disepanjang Desa Suka Sari dan Talang Leak mempunyai air yang sangat jernih, keindahan panorama alam dan luasnya sungai sepanjang 20 Km.

>Suban Gergok
Kabupaten Lebong begitu banyak mengandung sumber air panas, salah satunya yaitu Suban Gergok artinnya air panas yang mengelegak. Secara administratif kawasan ini terletak di desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah dengan ketinggian ± 500 meter diatas permukaan laut.

>Telaga Tujuh warna
Objek wisata Telaga Tujuh Warna adalah wisata kebanggaan Kabupaten Lebong yang bukan saja karena keunikannya, tapi juga karena keindahannya. Objek ini dapat ditempuh sekitar 35 km dari Kota Curup menuju Muara Aman tepatnya di daerah Desa Sumber Bening, Rimbo Pengadang. Dari simpang jalan di Desa Sumber Bening ini dilanjutkan perjalanan selama 6 km. Sepanjang jalan akan melalui ladang-ladang penduduk, hutan hujan tropis yang menghijau dan bukit barisan yang terhampar jauh.

>Objek Wisata Air Terjun Tes
Terletak di Desa Tes, Luas lahan 1,5 Km masih alami dengan keindahan panorama alam.

>Air Terjun Telon Buyuk
Terletak di Desa Turan Lalang 11 Km dari Ibu Kota Kecamatan 24 Km dari ibu kota kabupaten dapat ditempuh dengan kendaraan umum ketinggian ± 50 Meter, mempunyai keindahan panorama alam kesejukan dan kebersihan udara dengan luas area wisata 9,5 Ha belum dikembangkan.

>Air Terjun Tik Gumaceak
Kawasan wisata Air Terjun Tik Gumaceak terletak di Desa Lemeu Kecamatan Uram dengan jarak tempuh ± 7 Km dari Kota Muara Aman. Air terjun ini mempunyai ketinggian ± 35 meter yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

>Air Terjun Uram
Air Terjun Uram adalah salah satu air terjun dengan ketinggian ± 60 meter yang terletak di Desa Uram Kecamatan Uram Jaya dengan jarak tempuh ± 8 km dari Kota Muara Aman. Air terjun ini secara geografis berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

>Air Terjun Siapang
Air Terjun Siapang secara administratif terletak di Desa Ujung Tanjung 1 Kecamatan Lebong Sakti. Untuk menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh ± 12 km dari Kota Muara Aman. 

>Air Terjun Blau
Air Terjun Blau secara administratif terletak di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Lebong Sakti dengan jarak tempuh ± 14 km dari Kota Muara Aman. 

>Air Terjun Santan
Kawasan Air Terjun Santan secara administratif terletak di Air Bioa Santen Kecamatan Lebong Atas, secara geografis berada di ketinggian ± 500 meter diatas permukaan laut. 

>Air Terjun Bio Baes
Secara administratif terletak di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Lebong Sakti dengan jarak tempuh ± 14 Km dari Kota Muara Aman.

>Air Terjun Taman Peri
Satu lagi air terjun yang memiliki pesona yang indah dengan air terjunnya yang tinggi. lokasi air terjun ini secara administratif berada di Desa Semelako III Kecamatan Lebong Tengah. Secara geografis lokasi kawasan ini berada di ketinggian ± 500 meter diatas permukaan laut.

>Air Terjun Amen
Air Terjun Amen masih alami dengan keindahan panorama alam.

>Air Terjun Tebing Serai.
Secara administratif Air Terjun Tebing Serai, terletak di Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang dengan jarak tempuh ± 40 Km dari Kota Muara Aman. Untuk menuju objek wisata ini dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi baik roda dua atau pun roda empat.

>Air Terjun Semelako
Air Terjun Semelako atau Telun Semelako berada di Desa Semelako Kecamatan Lebong Tengah yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Air yang jatuh dari telun ini menimpa bebatuan dan menghasilkan embun sehingga membasahi daerah sekitar telun.

>Air Terjun Serangai
Air Terjun Serangai berada di Bukit Resam, Kecamatan Lebong Atas. Dari jalan beraspal yakni jalan lintas Lebong-Bengkulu Utara ke lokasi menyusuri jalan setapak dengan medan mendaki sejarak 500 m, cukup berjalan kaki sekitar 15 menit.

>Air Terjun Ketenong
Air Terjun Ketenong memiliki ketinggian sekitar 55 m dan berada di dalam kawasan TNKS. Di karenakan keberadaan jauh di dalam hutan, akses menuju ke air terjun ini cukup sulit dan menantang. Terletak di Desa Ketenong I, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong.

>Air Terjun Paliak
Perjalanan yang cukup mengesankan ketika kamu akan mengunjungi Air Terjun Paliak, meski membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat. Dijamin perjalananmu tidak membosankan, dengan menyusuri sungai dan juga pepohonan durian yang ketika musim durian kamu bisa membelinya langsung dari pemiliknya langsung dengan harga yang cukup murah. Akses menuju air terjun juga cukup mudah, dan juga ada tangga untuk menuju puncak air terjun. Debit airnya cukup besar dengan ketinggian sekitar 20 meter deburan air yang jatuh membuat area air terjun terlihat berembun. Tempat wisata di Bengkulu yang masih berada diKawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini cukup sering dikunjungi wisatawan karena memang pesonanya begitu indah. Lokasinya sendiri berada di Desa Embong I, yang masih berada di di wilayah Kecamatan Uram Jaya.

>Air Terjun Sangei
Didukung dengan aksesnya yang begitu mudah untuk menuju Air Terjun Sangei yang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari desa terdekat yang melewati perkebunan dan hutan lindung membuat Air Terjun Sangei sering dikunjungi wisatawan. Apalagi dari pusat Kota Tubei yang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari satu jam membuatnya semakin populer. Adanya kolan tepat dibawah air terjun semakin membuat wisatawan berbondong-bondong ke tempat wisata di Bengkulu ini. Dan tak lain adalah ingin merasakan nikmatinya mandi di pemandian alami dengan sentuhan airnya yang sangat segar. Untuk lokasi Air Terjun Sangei ini berada di Bukit Resam, yang masih di dalam Kecamatan Padang Bano.

>Arum Jerang Air Ketahun
Arung Jeram Air Ketahun mempunyai potensi yang besar untuk dikelola dan dikembangkan menjadi objek wisata unggulan. Secara adminitratif objek wisata ini terletak di Desa Teluk Dien Kecamatan Rimbo Pengadang dengan jarak tempuh ± 35 km dari kota Muara Aman.

>Wisata Pasir Libea/Lebar
Secara administratif objek wisata Pasir Lebar terletak di Semelako I Kecamatan Lebong Tengah dengan jarak tempuh ± 15 Km dari Muara Aman. Kawasan wisata Pasir Lebar merupakan daerah hamparan pasir lebar dahulu merupakan daerah yang sering mengalami banjir besar sehingga di bangun Check Dam Pasir Lebar.

>Bukit Pabes
Lokasinya cukup berdekatan dengan tempat wisata di Bengkulu yang cukup terkenal yakni Danau Picung. Udaranya yang sejuk hamparan perbukitan nan hijau menjadi sajian utama ketika kamu mengunjungi Bukit Pabes. Tak jarang juga wisatawan yang datang ke Bukit Pabes selalu nge-camp, setidaknya satu malam. Dan memang panoramanya sangat menarik, kamu bisa melihat Bukit Gundul tepat di depan  Bukit Pabes dan juga menikmati sunrise.

>Rumah Suku Rejang
Salah satu dari sekian banyak Rumah Suku Rejang yang ada di Kabupaten Lebong, tepatnya berada di Desa Gunung Alam yang masih berada di Kecamatan Lebong Atas. Warisan budaya dari nenek moyang Suku Rejang ini sudah berusia ratusan tahun, tapi masih berdiri kokoh hingga hari ini. Rumah yang memiliki relief hampir di setiap dindingnya ini memakai atap dari ijuk dan berbentuk panggung dan sekitar 1 meter tingginya dari tanah. Dan hampir setiap rumah Suku Rejang memiliki bangunan kecil di belakang rumah yang menyerupai bangunan utama hanya saja lebih kecil dan dipergunakan sebagai lumbung padi. Tempat wisata di Bengkulu ini cukup menarik minat para wisatawan yang berasal dari luar Kabupaten Lebong dan juga wisatawan manca.

>Cagar Budaya Keramat Lebong (Ki Pandan)
Cagar Budaya Keramat Lebong atau Ki Pandan secara administratif terletak di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara dengan jarak tempuh ± 2 Km dari Kota Muara Aman.

>Cagar Budaya Kutai Ukem (Biku Bermano)
Cagar Budaya Kutai Ukem (Biku Bermano) secara administratif terletak di Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan dengan jarak tempuh  ± 25 Km dari Muara Aman.

>Cagar Budaya Keramat Topos
Cagar Budaya Keramat Topos atau Makam Rio Setanggei Panjang secara administratif terletak di Desa Talang Baru I Kecamatan Topos dengan jarak tempuh ± 40 km dari Muara Aman.

>Cagar Budaya Keramat Ulu Du’es (Sultan Abdullah)
Cagar Budaya Keramat Ulu Du’es atau dengan nama lain Ki Karang Nio (Sultan Abdullah) terletak di Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara dengan jarak tempuh ± 3 Km dari Muara Aman. Untuk menuju cagar budaya ini dapat menggunakan kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat.

>Cagar Budaya Situs Tanah Majapahit
Cagar Budaya Situs Tanah Majapahit secara administratif terletak di Desa Ajai Siang Kelurahan Topos Kecamatan Topos dengan jarak tempuh ± 45 km dari Muara Aman. Untuk mencapat lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

>Cagar Budaya Keramat Bingin Kuning
Cagar Budaya Keramat Beringin Kuning secara administratif terletak di Desa Bungin Kecamatan Bingin Kuning dengan jarak tempuh ± 15 Km dari Muara Aman.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!

1 comment: