Pages

Monday, 26 December 2016

Daftar Tempat Wisata Kabupaten Bengkulu Tengah


Daftar tempat wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah :

>Makam Putri Darah Putih
Keramat Putri Darah Putih (PDP) terletak  di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat. Dahulu, tempat ini merupakan tanda masuk orang-orang bangsawan yang lari dari Kerajaan Banten Pulau Jawa sekitar tahun 1630-1635 masehi. Kini makam PDP ini selalu dipasangi kelambu. Selain keramat hal itu juga diyakini bisa menciptakan keamanan disekitar makam. 

>Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk
Wisata alam Bukit Kandis Dan Gunung Bungkuk merupakan bagian hutan lindung Kabupaten Bengkulu Tengah, Wisatawan ditawarkan rekreasi alam bebas. Banyak pelancong dua tempat ini memanfaatkan kedua tempat ini menjadi tempat kegiatan alam bebas baik hiking, mountainiring, jelajah alam bebas, berkemah dan hill climbing.

>Dam Lubuk Serigo
Awalnya Lubuk Serigo hanya tampungan aliran Sungai Rindu Hati, disalurkan ke hamparan sawah masyarakat. Karena debit air sangat besar, dibangunkan bendungan dengan panjang sekitar 300 meter yang bertingkat. Bendungan ini menjadi tempat wisata tujuan terbaru, sebab keluarga atau pengunjung bisa menghabiskan waktu di sisi sungai atau main di bendungan.

>Taman Liku Sembilan
Objek wisata Taman Liku Sembilan ini berada di kawasan cagar alam hutan lindung Taba Penanjung yang luasnya kurang lebih 46 Ha. Dibelah oleh jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Kepahiang. Wisata alam, itu yang ditawarkan bagi para pecinta alam dan penggiat lingkungan. Hutan tropis yang kaya akan mata air ini menjadi habitat asli Rafflesia Arnoldi dan menjadi rumah yang nyaman bagi binatang seperti monyet yang ada di kawasan ini.

>Kolam Renang Putri Belanda
Kolam Renang Putri Belanda dibangun 400 tahun lalu, saat Kolonial Belanda menjajah Indonesia. Taba Penanjung salah satu wilayah jajahan Belanda. Kolam renang ini berukuran 10 x 8 meter, berada di samping kiri jalan lintas dari arah Bengkulu. Terbuat dari beton tebal, dengan kedalaman 4 meter dari lantai dasar kolam, kondisinya sudah lama mengering, tetapi apabila musim hujan kolam renang selalu penuh dan digenangi air hujan.

>Bunker Coa Sako
Objek wisata Bunker Coa Sako adalah sebuah cagar budaya berbentuk sebuah bunker atau tempat perlindungan di bawah tanah yang dibangun pada jaman penjajahan Jepang di Bengkulu. Bangunan bunker berjumlah 3 ruangan yang ruangannya tidak saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Benda Cagar Budaya yang status berkepemilikan adalah milik pribadi atas nama Ajisul ini berlokasi di Taba Penanjung.

>Danau Berwarna Hijau / Danau Exs. Tambang
Di puncak bukit Desa Surau Taba Penanjung ternyata ada danau yang cukup menarik. Danau yang cukup luas ini airnya berwarna hijau. Menurut cerita masyarakat di sekitar Taba Penanjung, danau ini terbentuk sekitar tahun 1970an, saat dibukanya perusahaan tambang batu bara.

>Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo
Terletak di Desa Bentiring sekitar 10 Km dari Kota Bengkulu. Taman Hutan Raya ini memiliki banyak koleksi tumbuhan langka, lokasi yang dekat dengan kota menjadikan tempat ini menarik untuk kegiatan rekreasi, out bound dan areal penjelajahan hutan dengan panorama alam yang indah serta dilengkapi berbagai fasilitas, arena terbuka, gardu pandang, air bersih, penginapan dan kantor pengelola.

>Pantai Sungai Suci
Objek wisata Pantai Sungai Suci merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah,di pantai ini juga merupakan salah satu lokasi mencari batu akik (batu cincin), karena cukup banyak bertebaran di sepanjang pantai. Objek wisata tersebut berlokasi di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

>Pantai Padang Betuah
Tidak semua pantai harus dinikmati di atas pasir pantainya saja, seperti di Pantai Padang Betuah. Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Padang Betuah dari tebing yang cukup tinggi dari dasar pantainya. Patahan pada tebing dan juga terjadinya fenomena seperti sumur yang memiliki kedalaman hingga 50 meter langsung ke arah pantai membuat Pantai Padang Betuah memiliki eksotisme tiada tandingannya. Kebanyakan wisatawan yang datang selalu berada di pinggir tebing sembari selfie, padahal ini sangat rawan karena bisa saja terjadi longsor. Konon katanya di sumur yang mengarah ke pantai memiliki air terjun yang banyak mengandung harta karun di dalamnya. Di Pantai Padang Betuah yang berada di Kecamatan Pondok Kelapa ini menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset.

>Pemakaman Balai Buntar
Makam Baginda Maharaja Sakti dan Putri Gading Cempaka, serta beberapa makam tua lainnya yang terdapat di area Balai Buntar, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Bangunan sembilan, yang tertegak dibalik gerbang seolah langsung menyambut siapapun yang datang. Letak Balai Buntar yang berada di perbukitan kecil, membuat siapa saja yang bertegak di sini dapat leluasa memandang pantai yang ada di belakangnya.

>Masjid Tua di Desa Padang Betuah
Masjid yang hampir tak terpakai lagi di Desa Padang Betuah, Kabupaten Bengkulu Tengah ini sudah berumur ratusan tahun. Masjid ini dahulu diberi nama Masjid Al Ikhlas Muhammadiyah, karena ajaran Kyai Ahmad Dahlan itu begitu kencang pengaruhnya di desa ini. Menurut penuturan Imam desa setempat, H Harezen, masjid ini dibangun sejak akhir abad ke 18, atau kurang lebih hampir 200 tahun yang lalu. Banyak informasi yang berkembang bahwa masjid ini adalah peninggalan Kerajaan Sungai Limau dan Harezen tidak menampik hal tersebut.

>Air Terjun Embun
Air Terjun Embun yang terletak di Desa Langan Bungin Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah dengan ketinggian sekitar lima meter merupakan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Dari Kota Bengkulu, ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh. Pertama, bisa lewat Desa Air Sebakul, kemudian lurus saja hingga ke Desa Langan Bungin, dengan jarak tempuh sekitar 24 km dari pusat kota.  Bisa juga, melewati Desa Kembang Sri, kemudian berbelok melewati Desa Tabalagan. Dari simpang tiga Tabalagan, lurus saja hingga 2 km hingga tiba di Pabrik Batu Bara. Dari pabrik tersebut, tinggal 500 meter lagi.

>Air Terjun Curup Cai
Air Terjun Curup Cai Terletak di desa Bukit Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Sekitar 15 Kilo meter dari pusat kota Kabupaten Bengkulu Tengah dan sekitar 25 kilometer dari ibukota Provinsi Bengkulu.

>Air Terjun Datar Lebar
Objek wisata Air Terjun Desa Lebar ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung Desa Datar Lebar. Air terjun setinggi 15 meter ini berada kurang lebih 10 Km dari jalan raya. Karena aksesnya yang masih relatif susah ditempuh, maka objek wisata ini kurang diminati, padahal jikalau kita mau berusaha sedikit dan menikmati suasana hutan yang masih asri, rasa letih tersebut dapat terobati dengan pemandangan alam air terjun tersebut.

>Air Terjun Luang Tengah / Air Terjun Penembang / Curug Suk / Cuup Pesuk
Air Terjun Luang Tengah meniliki ketinggian sekitar 15 m dengan 3 buah terjunan air. Terletak di Desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Butuh waktu 2 jam perjalanan dengan berkendara dari pusat Kota Bengkulu ke Kecamatan Merigi Kelindang. Setelah itu berjalan kaki 15 menit  melalui jalan setapak sejauh 200 m melewati pemukiman warga.

>Air Terjun Cughub Hujan
Air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 15 m saja, akan tetapi memiliki suasana yang masih asri dan alami.  Aliran terjunan air ini  berasal dari aliran Sungai Rindu Hati.  Di bagian bawahnya terdapat kolam penampungan air yang memiliki kedalaman sepinggang orang dewasa sehingga dapat digunakan untuk berendam atau mandi. Konon bagi pengunjung yang pernah mandi di aliran sungai dekat air terjun ini, mereka akan terkenang atau rindu untuk kembali mandi lagi ke tempat ini. Terletak di Desa Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

>Air Terjun Pintu Langit / Air Terjun Kluntung
Nama lain dari Air Terjun Pintu Langit adalah Air Terjun Kluntung.  Air terjun ini meiliki ketinggian hanya sekitar 12 m saja dan terletak di kawasan perkebunan Riau Agri Agung (RAA). Terletak di Desa Rena Kandis, Kecamatan Pagar Jati, Kabupaten Bengkulu Tengah. Berjarak tempuh sekitar 1 jam dari Kota Bengkulu atau 30 menit dari Pagar Jati melewati Simpang Tumbuk Desa Rena Jaya.

>Air Terjun Cughup Putri Mayang
Meski jarak tempuh untuk mencapai lokasi Cughup (Air Terjun) Putri Mayang yang ada di Desa Surau cukup jauh dan sulit lantaran harus menempuh jalan setapak, namun tak menyurutkan langkah kaki para pengunjung untuk menikmati keindahannya. Rasa lelah dan letih terbayar lunas saat pengunjung menikmati sentuhan embun dan butiran air yang jatuh ke pipi para pengunjung saat mendekati air terjun.

>Air Terjun Layang Lekat
Air Terjun Layang Lekat di Desa Layang Lekat belum beitu optimal sebagai sumber penghasilan daerah. Selama ini lokasi wisata tersebut walaupun terbilang indah, tapi belum dilengkapi sarana yang baik.

>Air Terjun Bukit Kucing
Lokasinya yang berada di kawasan hutan perbukitan atau lebih dikenal dengan Hutan Bukit Kucing memiliki nilai plus tersendiri bagi Air Terjun Bukit Kucing. Tapi wisatawan harus agak waspada ketika mengunjungi air terjun dari aliran Sungai Kemumu ini. Karena di kawasan Hutan Bukit Kucing ini masih ada hewan liar seperti Harimau Sumatera atau Kucing Hutan yang terkadang masih menunjukkan keberadaannya. Air Terjun Bukit Kucing ini ibarat pemandian alami dengan kolam yang diapit bebatuan besar dan juga sungai yang dikelilingi bebatuan ini menyiratkan eksotisme alam yang istimewa. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tepatnya ada di Desa Pagar Gunung, dan berada di Kecamatan Karang Tinggi.

>Air Terjun Cuupe
Air Terjun Cuupe di Desa Tanjung Raman yang masih berada di wilayah Kecamatan Taba Penanjung. Kamu harus berjalan kaki sejauh 1,5 km melewati perkebunan karet dan juga sungai-sungai kecil. Alam yang begitu asri emmang sangat terasa ketika kamu sudah sampai di Air Terjun Cuupe. Airnya yang begitu jernih pepohonan di setiap sisinya yang begitu rindang semakin membuat suasana di air terjun begitu adem. Kolam di bawah air terjun benar-benar memikat wisatawan yang tidak sabar pengin cepet-cepet nyebur.

>Air Terjun Empat Panggung
Air Terjun Empat Panggung yang terletak di Semidang Bukit Kabu. Airnya yang sangat jernih dan juga kolam bebatuan yang membuat warna air kebiruan semakin membuat tidak sabar bagi siapapun untuk nyebur langsung. Tempat wisata di Bengkulu ini memang menghadirkan pesona alamnya yang benar-benar berbeda, meskipun berada di aliran sungai tapi tidak seperti sungai yang ada di perkotaan. Ornamen bebatuan berpadu dengan pepohonan nan hijau di pinggirnya semakin membuat mata pengunjung berbinat-binar melihatnya.

>Air Terjun Layang-Layang
Air Terjun Layang-Layang berada di Desa Bunga Tanjung yang masuk di Kecamatan Teramang Jaya. Eksotisme dan kesan begitu alami benar-benar ditunjukkan oleh Air Terjun Layang-Layang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 9 meter ini begitu mempesona dengan debit airnya yang cukup besar dan juga cukup lebar dilengkapi dengan kolamnya yang cukup luas dan dalam semakin membuat wisatawan semakin betah. Bebatuan yang berada di tengah kolam yang cukup tinggi menjadi spot untuk terjun langsung ke kolam bagi yang suka memacu adranalin. Bagi yang suka caving di dekat air terjun ada goa yang dihuni oleh burung wallet yang biasanya dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diambil air liurnya.

>Air Terjun Semidang
Destinasi wisata Air Terjun Semidang ini bisa menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Bengkulu Tengah. Karena di dalam satu lokasi terdapat beberapa air terjun yang sama-sama cantiknya. Ditambah lagi sungainya yang sangat unik, karena ada beberapa bagian sungai seakan terpisah dan lebih mirip seperti pemandian alami. Air Terjun Semidang ini cukup lebar meski tidak begitu tinggi tapi kolam di bawahnya cukup luas dan bisa buat berenang. Sudah pasti liburan kamu akan semakin ebrwarna jika kamu sempatkan mengunjungi Air Terjun Semidang. Lokasi tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tidak begitu jauh hanya membutuhka waktu 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan dari Desa Semidang yang berada di Kecamatan Karang Tinggi.

>Air Terjun Tik Loy
Yang cukup menarik di Air Terjun Tik Loy adalah debit airnya yang cukup besar dan juga lebarnya air terjun yang memikat wisatawan. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan jernihnya air yang ada di aliran sungai di bawah air terjun. Potensi lainnya yang ada di tempat wisata di Bengkulu Tengah ini adalah untuk aktifitas seperti olahraga arung jeram atau susur sungai. Wisatawan akan disuguhi panorama yang masih sangat asri di sepanjang sungai. Lokasi Air Terjun Tik Loy ini berada di Desa Tamiyang, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Pagar Jati.

>Air Terjun Tujuh Tingkat
Desa Datar Lebar yang ada di wilayah Kecamatan Pagar Jati memang memiliki pesona alam yang jempolan. Ada beberapa air terjun di kawasan desa ini, dan salah satunya adalah Air Terjun Tujuh Tingkat. Ada tujuh tingkatan air terjun mulai dari yang rendah hinggi mencapai tinggi 10 meter. Dan karena itulah banyak wisatawan yang ingin mengunjungi Air Terjun Tujuh Tingkat ini. Pesona alamnya yang masih begitu asri mampu membius wisatawan dengan keindahan air terjun yang memiliki tujuh tingkat. Tempat wisata di Bengkulu Tengah ini tepatnya berada di Desa Datar Lebar, yang masih di dalam Kecamatan Taba Penanjung.

>Air Terjun Peh
Lokasi Air Terjun Peh terletak di Desa Tanjung Heran Kecamatan Taba Penanjung.

>Air Terjun Bio Tik Siang
Lokasi Air Terjun Bio Tik Siang terletak di Desa Jambu Kecamatan Merigi Kelindang.

>Air Terjun Curug
Lokasi Air Terjun Curug terletak di Desa Komering Kecamatan Merigi Sakti.

>Air Terjun Curup Sungai Tecuyong
Lokasi Air Terjun Curup Sungai Tecuyong terletak di Desa Pondok Kubang Kecamatan Pondok Kubang.

>Prasasti Batu Jung
Lokasi Prasasti Batu Jung terletak di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung.

>Makam Raja Gogok
Lokasi Makam Raja Gogok terletak di Desa Rindu Hati Kecamatan Taba Penanjung.

>Ritual Lonjok
Ritual Lonjok terletak di Desa Karang Nanding Kecamatan Karang Tinggi. Lonjok puyang serunting sakti dijadikan tempat perayaan itu berbentuk pondok kecil yang dibangun di atas tiang setinggi 10 meter. Samping pondok juga ada bangunan kecil sebagai tempat berteduh. Sebelumnya dalam pondok ini sempat disimpan sebuah tongkat sakti, namun saat ini tongkat sakti itu tidak kelihatan lagi, hilang secara misterius.

>Benteng Belanda
Lokasi Benteng Belanda terletak Desa Talang Empat Kecamatan Karang Tinggi.

>Arung Jeram Air Tik Loi
Lokasi wisata alam adalah salah satu lokasi arung jeram di Provinsi Bengkulu. Bahkan, tempat ini menjadi satu-satunya lokasi bagi kelompok pecinta alam (PA) untuk melakukan olahraga dengan tingkat risiko yang tinggi ini. Tempat ini biasa disebut Air Tik Loi, berada di Desa Temiang, Kecamatan Pagar Jati, Bengkulu Tengah.

>Bendungan PLTA Musi
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Musi yang berada di Desa Susup Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) ini, merupakan pembangkit listrik terbesar berkekuatan 3 kali 70 megawatt untuk menyumplai listrik se-Sumatera. Namun kali ini kondisi bendungan untuk debit air PLTA tersebut saat ini mulai menurun. Sehingga dalam pengoperasiannya, PLTA tersebut terkendala dalam memasok listrik se-Sumatera termasuk untuk di Bengkulu sendiri.

>Keramat Nibung
Lokasi Keramat Nibung terletak di Desa Susup Kecamatan Merigi Sakti.

>Wisata Alam Rajak Besi
Wisata Desa Rajak Besi Kecamatan Merigi Sakti menjadi sasaran dan program pengembangan wisata. Di Rajak Besi sendiri banyak miliki objek wisata unggulan. Ditambah dengan hijaunya kebun-kebun masyarakat, seperti kopi, kelapa sawit dan berbagai macam perkebunan buah yang panen masa 1 tahun. “Sayangnya, lantaran belum terbentuk wadah ini, seluruh objek wisata dan agro itu belum dikelola maksimal.

>Meriam dan Kelambu Sakti
Lokasi Meriam dan Kelambu Sakti terletak di Desa Susup Kecamatan Merigi Sakti.

>Danau Gedang
Objek wisata Danau Gedang yang terletak di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah hanya berjarak 40 Kilometer dari Kota Bengkulu. Danau ini disamping untuk berwisata, juga dapat menjadi tempat berenang di laut karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Namun, sayangnya sampai sekarang objek wisata ini belum dilakukan pengelolaan maksimal dan minim pembangunan.

>Hutan Lindung Taba Penanjung
Di dalam Hutan Lindung Taba Penanjung inilah kamu bisa melihat secara langsung bunga raksasa, yakni Bunga Raflesia Arnoldi. Memang musim-musim tertentu bunga ini mulai berkembang, jadi tidak setiap saat kamu bisa melihat bunga langka ini. Dilihat dari pertumbuhannya pun juga tergolong sangat sulit, dia baru bisa tumbuh jika ada tanaman inang dan hanya hanya bisa di tanah yang belum pernah mengalami pengolahan. Maka tidak heran jika Bunga Raflesia Arnoldi ini memang dilindungi oleh pemerintah.

Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Jika ada objek wisata yang belum tersebut, silahkan komen di bawah beserta deskripsinya, Thanks!


2 comments: