Pages

Thursday 15 August 2013

Makmum Masbuk

Ane mau membagikan pengalaman mengenai kisah ane dan makmum masbuk. Pada suatu hari, Ane sedang sholat rawatib sunnah di masjid. Saat Ane sedang sholat, datang seseorang menyentuh pundak Ane sebelah kanan dengan maksud untuk shalat berjamaah. Orang ini mengira kalo Ane lagi sholat fardlu. Dalam keadaan sholat ini, Ane menjadi bimbang sambil berkata dalam hati "Aduh gimana ini, Ane ini lagi sholat sunnah bukan sholat fardlu, Mas broo.... takbiratul ihramnya gimana ini, kalo di Jiharkan bacaanya tapi ini sholat sunnah..
Akhirnya, dalam keadaan ragu-ragu ane terus sholat tanpa mengeraskan bacaan Allohuakbar, tapi si makmum tetap terus mengikuti gerakan sholat Ane.
Setelah selesai sholat, lalu saya duduk dibelakang orang tersebut sambil menunggu dia selesai sholat. Setelah Dia selesai sholat, kemudian saya menghampirinya dan berkata, sorry mas broo.. Saya barusan tadi sholat sunnah rawatib, bukan sholat fardlu. Dengan agak kecewa kemudian dia mengulangi sholatnya dari awal lagi.
Dikemudian hari, akhirnya saya menanyakan persoalan ini kepada seorang ustad. Saya menceritakan kejadian diatas kepada pak ustad. Lalu pak ustad berkata, kalo sholatnya makmum tersebut sudah sah dan sudah mendapat pahala jamaah, walaupun si imam tersebut sholat sunnah. Lalu saya bertanya lagi, gimana dengan takbiratul ihramnya, kan imam harus membaca keras sebagai aba-aba gerakan. lalu pak ustad tersebut berkata, tak ada kewajiban untuk menjiharkan bacaannya. 
Ohhh... begitu toh (dalam keadaan bengong).....
Ane jadi teringat ceramah KH. Zainudin. MZ tentang imam bodoh makmum dungu. Persis kayak kami berdua. Imamnya nggak punya ilmu, ditambah makmumnya nggak ngerti. Cucok dah...
Semoga kejadian diatas nggak terulang kepada teman-teman. Kalo dirasa perlu silahkan disebarkan, tapi jangan lupa tulis sumbernya yaa Mas broo... hihihihihihi....

No comments:

Post a Comment