Pages

Wednesday 24 July 2013

Punuk Onta


Rasulullaah Shalallahi’alaihiwasalam bersabda, “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah Aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, mengundang kemaksiatan, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)


Saya baca-baca di netter banyak yang mengatakan bahwa memakai hijab dengan menampakkan gulungan rambut yang menyerupai punuk onta itu haram. tapi saya juga berfikir, seandainya jika rambut wanita tersebut panjang dan harus di ikat itu gimana?? kan wanita tersebut juga nggak ada niatan, hanya saja rambutnya yang panjang harus diikat, jika tidak rambutnya yang panjang terburai juga sulit untuk memakai hijab.

Tapi, saya dapat mengambil kesimpulan seperti ini, hadis yang dipakai para netter tersebut kayaknya hadis dipotong dengan kalimat berikut: "kepala mereka seperti punuk unta yang miring". Padahal kan yang rasul sebutkan pada hadis diatas memiliki beberapa ciri, tetapi para netter langsung memotong hanya satu ciri.

Ciri -ciri yang Rasul sebutkan itu lebih mengarah kepada model seperti gambar berikut:


  1. wanita yang berpakaian tapi telanjang (berpakaian minim dan ketat), 
  2. berlenggak-lenggok (layaknya model), 
  3. mengundang kemaksiatan
  4. kepala mereka seperti punuk unta yang miring
Nah, ane dapat menyimpulkan bahwa yang rasul sebutkan itu adalah model atau artis, bukannya hijab yang disebutkan para netter. Daripada ragu, sebaiknya nggak usah disanggul saat memakai hijab.




No comments:

Post a Comment