Pages

Wednesday, 18 January 2017

Cara Mudah Buat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Cara Mudah Buat NPWP

Syarat untuk membuat NPWP bagi pengangguran sebagai berikut :
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Formulir Pendaftaran (sudah tersedia di Kantor Pajak)
  3. Surat Keterangan Kerja (Saya karang-karang saja, kemudian saya tandatangani sendiri hehehe...)
  4. Map kertas warna ya terserah anda, kekekeh...

Kerugian Memiliki NPWP sebagai berikut :

Saya akan menceritakan pengalaman saya sewaktu saya mengajukan pembuatan NPWP di kantor Pajak. Sebenarnya saya nggak mau buat NPWP, akan tetapi karena pada suatu lowongan pekerjaan disyaraatkan memiliki nomor NPWP, akhirnya pergilah saya ke kantor pajak. Saya masih pengangguran dan tidak memiliki surat keterangan kerja. Akhirnya saya akal-akalin aja, dengan membuat Surat Keterangan Kerja palsu sebagai penjaga konter Hp, wakakakaka, kan katanya juga cuma berkas (just case). hehehehe...

Kemudian petugas pajak itu bilang : Bisa dibuat NPWP tapiiiiii.... Kamu setiap tahun harus melapor SPT penghasilan tahunan kamu ke kantor pajak, jika terlambatttt kamuuuu bakal kena denda Rp. 150.000,- pertahun. Bagaimanaaaaa.... masih mau dilanjutkannnnnn.....

Sambil saya termenung, petugas pajak itu bertanya lagi : Bagaimana??? Masih mau dilanjutkan??? Kemudian Saya mencoba untuk mematahkan pernyataan petugas pajak itu dengan ilmu ekonomi akuntansi yang saya peroleh dari perkuliahan. Kemudian saya berkata : Begini Mbak, bukankah kalau penghasilan kita di bawah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak), Si objek pajak tidak dikenakan pajak dan tidak diwajibkan melaporkan SPT pajak. 

Kemudian petugas pajak itu berkata : Memang betul jika gaji kamu dibawah PTKP yaitu dibawah Rp. 4.500.000,- kamu tidak dikenakan pajak, akan tetapi kamu tetap wajib melaporkan SPT tahunan kamu ke kantor pajak, jika tidak bersiap-siaplah kamu kena denda. Bagaimana??? Masih mau dilanjutkan???

Kemudian Saya bertanya lagi : Mbak misalnya nanti saya tidak diterima kerja kemudian Saya mau mematikan/nonaktifkan NPWP saya ini, bisa nggak. Kemudian petugas pajak itu berkata : Ohh... Tidak Bisa.... NPWP bisa dimatikan dengan syarat Si Objek pajak sudah meninggal dunia.

Ohhwww... begituuuu... Dengan rasa kecewa berat, akhirnya saya tarik kembali berkas yang saya kasih ke petugas pajak, dan berkata : Maaf, Mbak saya nggak jadi buat NPWP. dan kemudian saya berlalu tanpa kata.

18 comments:

  1. wwkwkwk langsung ngeluarin ayat. Lagian bayar pajak juga kewajiban, udah pasti orang MUI jg tau. Klo engga udah dikasih label 'haram' tuh pajak.

    Harusnya ente optimis bro, orang tahun depan bayar pajaknya. Masa udah pesimis duluan, harusnya jadi tantangan dapat pekerjaan. SEMANGAT!!

    ReplyDelete
  2. hahaha akhirnya mental ente ambruk jg ya brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga, soale pekerjaanya juga kurang begitu menarik dan jauh dari rumah

      Delete
  3. wkwkkwk ceritanya seru ah. biarpun endingnya predictable sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gue mikir juga sih, selain jauh di kementrian pusat sana, juga cuma tenaga kontrak dan kuotanya cuma satu dua orang, gue batalin aja dah. wkwkwk

      Delete
  4. Emang pake SK kerja bikin sendiri bisa? Kalau ga punya SK kerja ( masih nganggur ) berarti ga bisa bikin npwp gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan sk kerja, tapi surat keterangan kerja, kamu bisa search sendiri contohnya di internet

      Delete
  5. baca juga artikel bagus ini https://www.finansialku.com/apa-itu-npwp-pribadi/

    ReplyDelete
  6. Buat Online aja kan bisa....!!!

    ReplyDelete
  7. Emangnya menonaktifkan npwp org yg sudah meninggal? Setau saya enggak deh, setau saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata petugas pajaknya gitu deh, ntah kalo mereka goblog ngakk tahu ya, kekeke

      Delete
  8. Untuk menonaktifkan NPWP,atau mengajukan untuk status Wajib Pajak Non Efektif itu bisa juga disertai surat keterangan yg berlaku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga saja bisa dipermudah untuk penonaktifan pajak. Agar pemugut pajak itu tidak menyusahkan rakyat.

      Delete
  9. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ & QQ ONLINE Terbaik di masanya

    9 Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855 977 509 035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    ReplyDelete