Pages

Thursday 29 December 2016

Makanan Khas Bengkulu


>Pendap Ikan Pais
Pendap Ikan Pais merupakan  makanan khas masyarakat Bengkulu yang mampu bersaing dengan sejumlah kuliner modern saat ini. Pendap memiliki cita rasa yang khas, makanan tradisional ini tetap menggugah selera makan terutama aroma khas daun keladi dan daun pisang yang menjadi pembungkusnya.

Gulai Kemba'ang

>Gulai Kemba'ang
Gulai Kemba’ang merupakan makanan khas bengkulu yang dibuat dari bahan dasar iga sapi dan diolah dengan bumbu­-bumbu pilihan membuat gulai ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih.

Bagar Hiu

>Bagar Hiu
Bagar Hiu merupakan makanan khas Bengkulu paling unik, karena makanan khas yang satu ini dibuat dari bahan dasar ikan hiu. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan hiu tanduk maupun ikan hiu punai. Ikan­-ikan hiu pilihan ini dijadikan sebagai bahan dasar utama karena baunya yang tidak terlalu amis dan kulitnya yang lebih lembut dari ikan hiu lainnya.


>Gulai Rebung Asam
Gulai Rebung Asam khas adalah masakan khas Bengkulu. Rebung adalah batang tunas bambu muda yang biasa digunakan masyarakat lokal untuk dimasak menjadi sayur. umumnya rebung dimasak santan dengan kuah yang cukup kental. 


>Gulai Umbut Neo
Neo adalah bahasa lembak yang artinya kelapa, jadi umbut neo artinya umbut kelapa. Gulai umbut neo, agak susah ditemukan, biasanya hanya sering ditemui pada acara kematian nujuh hari/nyede (tujuh hari) almarhum.


> Sambal Batotok
Batotok artinya di tutus pakai batu sekalan. Sambal yang ditotok dicampur dengan ikan kering/asin. Rasanya enak seperti rasa sambal caluk dan lebih gurih.


> Gulai Unji
Unji yang merupakan sejenis bunga / jantung tumbuhan hutan. Bila dimakan rasanya agak pedar serasa menthol gitu. hehehe...


> Lemea / Lema
Lema atau lemea merupakan makanan yang berbahan utama rebung atau bambu muda yang berbeda dengan rebung kebanyakan. Makanan tersebut berasal dari Rejang, Bengkulu. Komposisinya terdiri dari rebung yang dicincang-cincang dan dicampur ikan air tawar seperti ikan mujair, sepat, maupun ikan-ikan kecil yang hidup di air tawar. Setelah cincangan rebung yang dicampur dengan ikan tersebut diaduk-aduk, maka adonan tersebut disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat-rapat. Proses pengeraman ini bisanya minimal membutuhkan waktu tiga hari. Setelah itu, baru adonan tadi dapat dijadikan gulai sebagai lauk yang dimakan dengan nasi.


> Gulai Tebu Telok / Tebu Telur
Tebu telur sejenis tanaman umbut bunga. Biasanya dicampur dengan sayur-sayuran lain sebagai pelengkap saja.


> Joda Tat
Salah satu jenis masakan berupa kue yang terkenal di Provinsi Bengkulu adalah kue/joda/juada Tat. Yang mana kue ini merupakan salah satu kue khas Bengkulu, pada umumnya kue ini lebih sering ditemui ditengah-tengah masyarakat saat hari raya Idul Fitri.


1 comment: